Senin, 21 Okt 2019 22:00 WIB

Ini Tiga Program Unggulan Menkes Nila Moeloek Sejak Awal Menjabat

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Masalah pemerataan tenaga kesehatan di daerah jadi perhatian Menkes Nila Moeloek. (Foto: Agung Pambudhy) Masalah pemerataan tenaga kesehatan di daerah jadi perhatian Menkes Nila Moeloek. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Menkes Nila Moeloek akan segera 'turun tahta' digantikan oleh menteri kesehatan yang baru. Beberapa program kesehatan telah dilakukannya selama mengabdi untuk bangsa.

Di antara program tersebut ada tiga yang menonjol mendapat perhatian lebih dari sisi sumber daya dan waktu pengerjaannya.

Berikut rangkuman detikcom dari berbagai sumber:


1. Kartu Indonesia Sehat (KIS), Tingkatkan cakupan JKN

Bersama-sama Presiden Jokowi, Menkes Nila Moeloek meluncurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada 3 November 2014 yang saat itu dibagikan pada warga tak mampu di 19 kota. Hadirnya kartu sakti tersebut memudahkan masyarakat kurang mampu untuk mendapat fasilitas kesehatan. KIS tidak jauh berbeda dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sudah lebih dulu ada. Hanya saja, cakupannya makin luas menyasar kelompok-kelompok pra sejahtera yang belum menerima kartu BPJS, seperti anak jalanan, warga panti, serta penderita gangguan psikotik.

2. Program Nusantara Sehat

Di tahun kedua kepemimpinannya, Nila Moeloek fokus pada pemerataan tenaga medis di daerah tertinggal. Kemenkes membentuk program Nusantara Sehat yang merekrut tenaga kesehatan muda untuk dikirim bertugas di daerah terpencil di Indonesia.

Mereka mengabdi selama dua tahun yang dibentuk dalam kelompok berjumlah 5-8 orang. Kemenkes juga bekerjasama dengan Kemenkominfo, Kemendes, dan Kementerian PUPR untuk memfasilitasi kegiatan tersebut.

"Ada Nusantara Sehat yang kita kirim ke daerah terpencil dan bermasalah kesehatan. Mereka mempunyai hubungan dengan tokoh agama, tokoh ada, dan sebagainya. Untuk memperbaiki. Jadi, kalau ada yang mau buang sampah sembarangan, begitu ada Nusantara Sehat tidak lagi (buang sampah sembarangan)," tutur Nila.

3. Germas untuk Wujudkan Sustainable Development Goals (SDGs)

Gerakan masyarakat sehat (Germas) merupakan aksi yang diinisiasi Kemenkes untuk mewujudkan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga. Menkes Nila menilai upaya preventif lebih baik dari rehabilitatif, artinya jangan sampai baru menyadari arti penting kesehatan saat penyakit datang mengancam.

Germas, bersama Jaminan Kesehatan Nasional dan beragam program lainnya, merupakan upaya untuk mencapai SDGs di Indonesia yang melibatkan dukungan multi-sektor (Health in All Policies/HiAP).



Simak Video "Pesan Berantai soal Pasien BPJS Kesehatan Darurat Dipastikan Hoaks"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)