Selasa, 22 Okt 2019 11:16 WIB

Beragam Alasan Pilih 'Home Birth' Seperti Kartika Putri dan Meghan Markle

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kartika Putri tengah berbahagia setelah melahirkan putri pertamanya. (Foto: Yuni Ayu Amida) Kartika Putri tengah berbahagia setelah melahirkan putri pertamanya. (Foto: Yuni Ayu Amida)
Jakarta - Kartika Putri tengah berbahagia setelah melahirkan putri pertamanya dari Habib Usman pada Jumat (18/10) lalu. Pada media, Kartika Putri mengaku ia melahirkan di rumahnya sendiri atau menjalani proses persalinan home birth.

"Jangan dicontoh ya karena ini memang berdasarkan keyakinan aku sendiri. Aku yakin bisa melahirkan anak di rumah sendiri," kata Kartika Putri.

Tren melahirkan di rumah atau home birth memang banyak dipilih oleh wanita karena berbagai alasan. Home birth memungkinkan wanita untuk mengundang teman dan keluarga dekat untuk menghadiri kelahiran tanpa perlu khawatir tentang berapa banyak orang yang diperbolehkan masuk di ruang bersalin.


Mengutip Mayo Clinic, beberapa alasan lain wanita pilih persalinan di rumah meliputi:

1. Keinginan untuk melahirkan tanpa intervensi medis, seperti obat penghilang rasa sakit, augmentasi persalinan, atau induksi.

2. Ingin melahirkan di tempat yang nyaman dan akrab yang dikelilingi oleh keluarga.

3. Ketidakpuasan dengan perawatan rumah sakit.

4. Adanya kepercayaan budaya atau agama tertentu.

5. Kurangnya akses atau transportasi ke pusat pelayanan kesehatan.

Meski demikian, wajib diingat bahwa home birth bukan untuk semua orang dan tetap punya risiko. Jika memilih home birth, pastikan untuk menemukan bidan yang berpengalaman dan telah tersertifikasi.



Simak Video "Hamil di Atas Usia 35 Tahun Seperti Meghan Markle, Berbahayakah?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)