Selasa, 22 Okt 2019 15:53 WIB

Calon Menteri Pakai Baju Putih, Benarkah Warna Putih Penangkal Cuaca Panas?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Warna putih dapat membantu mengeluarkan energi panas dalam tubuh. Foto: Abdul Halim Iskandar (Andhika/detikcom) Warna putih dapat membantu mengeluarkan energi panas dalam tubuh. Foto: Abdul Halim Iskandar (Andhika/detikcom)
Jakarta - Para calon menteri mulai berdatangan ke Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, untuk memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo. Mereka datang mengenakan kemeja putih dan celana hitam yang menjadi ciri khas dari Kabinet Jokowi.

Sementara itu, cuaca di Indonesia sedang panas-panasnya. Di Jakarta, suhu siang ini pada Selasa (22/10) sudah mencapai 35 derajat Celcius. Di beberapa wilayah lainnya mencapai 26 derajat Celcius.

Secara kebetulan, para calon menteri menggunakan pakaian putih di tengah keadaan suhu panas ini. Ada anggapan populer yang mengatakan warna putih dapat menghindari cuaca panas, benar atau tidak?


Rhett Allain, PhD, seorang profesor fisika di Southeastern Louisiana University membantu untuk menjelaskan teori tersebut. Ia mengatakan, saat tubuh menjadi panas karena cuaca atau suhu yang meningkat, tubuh akan memancarkan energi panas (dalam spektrum inframerah).

"Jika kamu mengenakan pakaian putih, energi panas yang ada di tubuh akan dikeluarkan melalui radiasi. Energi tersebut akan dipantulkan kembali ke tubuh bahkan memanaskan lebih dari itu. Sedangkan pakaian warna hitam, tidak dapat memantulkan radiasi tubuh," jelasnya dikutip dari Real Simple.

Jika memakai pakaian hitam, energi panas yang ada di tubuh tidak dapat dikeluarkan melalui radiasi. Namun, akan terserap ke dalam tubuh dan membuat efek gerah. Allain mengatakan, warna putih juga tidak akan bisa memantulkan radiasi, jika pakaian yang dipakai terlalu ketat dan tebal.

"Jika pakaiannya seperti itu, tubuh tidak dapat mengeluarkan energi melalui radiasi, tetapi melalui konduksi termal. Hal ini disebabkan karena tubuh langsung bergesekan dengan kain," ujarnya.

Allain mengatakan, disarankan untuk menggunakan kain yang lembut dan memudahkan kulit untuk bernapas, seperti katun atau linen. Selain itu, coba gunakan pakaian dengan warna yang lebih cerah.


Simak Video "Penjelasan soal Viral Posisi Duduk Jokowi yang Fleksibel"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)