Selasa, 22 Okt 2019 17:05 WIB

Kemeja Putih Punya Makna Psikologis, Warna Lain Juga Ada Artinya Lho

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Halaman 1 dari 7
Nadiem Makarim pakai kemeja putih (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A) Nadiem Makarim pakai kemeja putih (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta - Presiden terpilih 2019-2024 Joko Widodo mulai memanggil kandidat calon menteri untuk menemaninya menjalankan amanat negara. Terlihat semua kandidat kompak mengenakan atasan berwarna putih saat bertandang ke Istana.

Psikolog politik dan pakar personal branding, Dewi Haroen, mengatakan warna memunculkan makna dan kesan tertentu yang bisa memengaruhi mood dan perasaan seseorang.

"Orang selama ini merasa warna putih adalah sesuatu yang sakral, mulia, dan bersih. Sehingga tidak heran jika banyak digunakan dalam kegiatan yang serius, termasuk juga pemanggilan para calon menteri," sebutnya kepada detikcom, Selasa (22/10/2019).

Tapi bukan hanya itu, warna yang dikenakan juga menentukan kepribadian. Psikologi warna adalah studi tentang peran warna dan kebiasaan.

Preferensi warna dari pakaian yang dikenakan memiliki makna tentang bagaimana seseorang ingin dilihat oleh orang lain. Dikutip dari Bright Side, warna memainkan peran penting dalam menyampaikan informasi, menciptakan suasana hati tertentu, dan bahkan memengaruhi keputusan yang diambil.

(kna/up)