Selasa, 22 Okt 2019 18:30 WIB

Keju dan Olahan Susu Tingkatkan Risiko Kanker Prostat?

Nurul Khotimah - detikHealth
Keju memicu kanker prostat? (Foto: iStock) Keju memicu kanker prostat? (Foto: iStock)
Jakarta - Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Pasalnya hingga saat ini belum diketahui penawar pasti dari penyakit ini. Salah satu kanker yang banyak dialami oleh kaum laki-laki ialah kanker prostat.

Kanker prostat biasanya terjadi pada kelenjar prostat yang terdapat pada pria yang menghasilkan cairan mani yang menyehatkan dan mengangkut sperma. Faktor utama infeksi ini ialah usia. Pria dengan usia lanjut lebih berpotensi mengalami kanker prostat dibanding dengan pria muda.

Namun baru-baru ini ditemukan faktor lain penyebab kanker prostat yaitu makanan olahan susu. Menurut penelitian dari Mayo Clinic, AS, mengonsumsi keju dan mentega dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Hal ini ditunjukan dari pria yang secara rutin mengonsumsi olahan susu memiliki peningkatan kadar kalsium yang meningkatkan risiko kanker prostat.



Dibandingkan dengan pria vegetarian, tingkat risiko terserang kanker prostat lebih rendah. Menurut Dr John Shin, peneliti utama di Mayo Clinic, mengonsumsi buah dan sayuran mampu mengurangi risiko penyakit kanker prostat sebesar 19-59 persen.

"Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa makanan nabati berpotensi menurunkan risiko kanker prostat, sedangkan makanan hewani, terutama produk susu, berpotensi meningkatkan risiko kanker prostat yang," tambah Dr John Shin.

Pengidap kanker prostat biasanya banyak terdapat di negara barat. Hal ini dikarenakan minat masyarakatnya terhadap olahan susu lebih tinggi dibanding negara-negara Asia.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)