Kamis, 24 Okt 2019 12:06 WIB

Kena Diabet Ternyata Bisa Konsumsi Gula Tanpa Korbankan Kenikmatan

Yakob Arfin - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Semua orang pastinya ingin sehat dan bebas dari penyakit. Tapi, diagnosis penyakit dapat datang tanpa diduga. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai adalah diabetes tipe 2 karena berkaitan dengan berbagai macam komplikasi kesehatan yang berbahaya.

Ditambah lagi, penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Tapi untungnya, penanganan yang tepat dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes dan meningkatkan kualitas hidup penderitanya. Nah, bagi penderita diabetes tipe 2, tindakan apa saja yang perlu dilakukan?

Mengenal Diabetes Tipe 2

Menurut National Diabetes Education Program, diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana kadar gula darah melebihi batas normal akibat terganggunya kerja atau produksi hormon insulin yang berperan dalam pengaturan kadar gula darah.


Diabetes tidak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol dengan penanganan yang tepat. Tujuan utamanya adalah mengontrol kadar gula darah agar komplikasi diabetes dapat dicegah.

Salah satunya dengan perubahan gaya hidup termasuk menjaga berat badan, rutin berolahraga, mengecek kadar gula darah dan mengonsumsi obat (jika diperlukan sesuai anjuran dokter), serta mengikuti pola makan sehat.

Jaga Berat Badan

Seperti dipaparkan pada International Journal of Clinical Practice, penurunan berat badan sebesar 5% dari berat badan awal sudah berefek positif terhadap kadar gula darah pada penderita diabetes.

Tidak hanya itu, menurut Diabetes Care, penurunan berat badan pada penderita diabetes juga berkaitan dengan perbaikan tingkat kebugaran, penurunan risiko penyakit jantung, peningkatan kualitas tidur, serta penurunan penggunaan obat diabetes dan darah tinggi.

Rutin Olahraga

Diabetes Care pun menyebutkan sudah banyak penelitian yang menunjukkan manfaat positif olahraga terhadap metabolisme karbohidrat dan perbaikan sensitivitas hormon insulin. American Diabetes Association menyatakan pentingnya aktif bergerak dan olahraga rutin untuk memperbaiki kontrol kadar gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan membantu penurunan berat badan pada penderita diabetes.

Beberapa jenis olahraga yang dapat menjadi pilihan adalah berjalan, bersepeda, berenang, latihan peregangan, dan latihan beban. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan, peregangan, cukup minum dan menggunakan alas kaki yang tepat untuk mengurangi risiko luka.

Pantau Gula Darah dan Konsumsi Obat

Menurut National Diabetes Education Program, rutin memantau gula darah penting untuk mengetahui seberapa terkontrolnya kondisi diabetes. Jika kadar gula darah seringkali tinggi, konsultasikan dengan dokter karena mungkin perlu dilakukan penyesuaian pola makan atau konsumsi obat.

Ingat, penanganan setiap penderita diabetes dapat berbeda! Sebagian penderita diabetes akan perlu mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter yang penting diikuti agar kondisi diabetes dapat tetap terkontrol.

Pola Makan Sehat

National Institute of Health menyebutkan, pola makan sehat merupakan bagian yang sangat penting dalam penanganan diabetes. Penderita diabetes disarankan untuk memperbanyak konsumsi bijian utuh, buah, dan sayur.

Selain itu, pilih sumber lemak sehat seperti olive oil, canola oil, kacang-kacangan, dan ikan salmon. Membatasi asupan kalori serta gula, garam, dan lemak harian juga harus dilakukan sebagai bagian pola makan sehat setiap hari.

Terasa sulit? Tenang, kini tersedia berbagai produk ramah diabetes dari Tropicana Slim. Produk bebas gula Tropicana Slim rasanya enak namun tidak mengandung gula atau sukrosa.

Produk bebas gula Tropicana Slim menggunakan pemanis rendah kalori yang telah dinyatakan aman oleh berbagai lembaga kesehatan dunia seperti dipaparkan oleh The European Food Information Council dan jurnal Diabetes Care. Selain itu, produk bebas gula Tropicana Slim juga tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang signifikan sehingga cocok dikonsumsi penderita diabetes.


Variasi produk yang bermacam-macam memungkinkan Anda untuk menggunakan produk Tropicana Slim di segala suasana. Misalnya, Tropicana Slim Kental Manis untuk sajian es, topping roti tawar atau buah favorit Anda atau Tropicana Slim Sweetener Honey untuk menambah rasa manis pada teh Anda.

Tropicana Slim juga memiliki rangkaian produk rendah lemak yang bermanfaat membantu mengurangi asupan lemak harian. Bagi Anda yang suka memasak, Tropicana Slim Santan Less Fat dapat memberikan rasa gurih santan tanpa khawatir dengan asupan lemak berlebih.

Dengan rasa yang enak, produk bebas gula dan rendah lemak Tropicana Slim merupakan solusi praktis bagi diabetisi untuk mengendalikan asupan gula dan lemak harian tanpa mengorbankan kenikmatan rasa.




Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)