Kamis, 24 Okt 2019 14:00 WIB

7 Obat Alami Penurun Panas Anak yang Sederhana

Lusiana Mustinda - detikHealth
Obat Alami Penurun Panas Anak. Foto: iStock Obat Alami Penurun Panas Anak. Foto: iStock
Jakarta - Banyak orangtua yang panik saat mendapati si kecil demam. Sebelum ke dokter, beberapa obat alami penurun panas anak ini perlu Anda ketahui. Dan bisa dilakukan di rumah.

Bayi mengalami demam ketika tubuhnya mencapai lebih dari 37,5 derajat celcius. Demam bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu bakteri atau virus. Demam juga bisa disebabkan pasca imunisasi dan terlalu lama beraktivitas di luar ruangan dengan cuaca yang panas seperti saat ini.



Ada beberapa kondisi demam pada anak yang perlu diwaspadai:

- Bayi berusia 3 bulan yang mengalami demam dengan cuaca panas hingga 38 derajat celcius atau lebih.

- Bayi 3-6 bulan yang mengalami demam dengan suhu tubuh mencapai 39 derajat celcius atau lebih.

- Demam yang tak kunjung membaik dan berlangsung lebih dari 5 hari.

- Munculnya ruam merah

- Mengalami kejang

- Demam yang menyebabkan dehidrasi pada bayi. Ditandai dengan mulut kering dan menangis tanpa air mata.


Dirangkum oleh detikHealth, berikut obat alami penurun panas anak bayi dan anak yang bisa dilakukan di rumah:

1. Kompres Air Hangat

Saat si kecil tidur, kamu bisa kompres bagian dahi dengan lap basah yang sudah direndam air hangat. Ini bisa jadi obat alami penurun panas anak bayi sementara sebelum Anda membawanya ke rumah sakit.

Kain atau handuk yang sudah diletakkan di dalam air hangat ini bisa ditaruh juga di area lipatan dan sekitar lipatan paha.


2. Mandi Air Hangat

Ketika demam bukan berarti si kecil tak boleh mandi. Pastikan air yang digunakan adalah air hangat atau suam-suam kuku. Hindari mandi dengan air dingin karena hal ini dapat membuat suhu tubuh si kecil mengalami kenaikan dan menyebabkan tubuhnya menggigil.


3. Berikan Cairan yang Cukup

Saat anak mengalami demam, akan berefek pada dehidrasi atau berkurangnya cairan di dalam tubuh. Obat alami penurun panas anak balita yang pertama bisa Anda lakukan adalah memberikan banyak minum.

Selain air putih, Anda juga bisa memberikan si kecil kuah kaldu atau buah-buahan yang tinggi kandungan air seperti semangka, pepaya dan juga jeruk.


4. Menggunakan Pakaian Nyaman

Saat demam, anak jangan diberikan pakaian yang tebal. Pilih pakaian yang tipis dan pastikan ini nyaman untuk anak Anda. Jika kedinginan, si kecil bisa diberikan selimut.


5. Pijat dengan Ramuan Herbal

Anda juga bisa memilih obat herbal penurun panas anak 1 tahun. Cukup mencampurkan ramuan alami penurun panas anak seperti minyak telon atau minyak kayu putih dengan 2-3 parutan bawang merah dan perasan jeruk nipis.

Pijatlah tubuh si kecil dengan ramuan ini, terutama pada punggung, dada dan juga perut.


6. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang bergizi dapat mempercepat penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Demam bisa membuat selera makan anak menurun, Jadi makanan berkuah hangat bisa jadi salah satu makanan yang baik diberikan untuk si kecil saat demam.


7. Istirahat yang Cukup

Istirahat membuat suhu tubuh yang tinggi mulai mereda. Jika si kecil terus aktif bergerak, tubuh akan lelah dan temperatur dapat meningkat. Jadi ketika demam sebaiknya si kecil tetap mendapatkan istirahat yang cukup.






Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)