Kamis, 24 Okt 2019 18:09 WIB

Terlalu Sering Buang Air Besar? Banyak Minum Kopi Jadi Salah Satu Alasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kopi jadi salah satu alasan buang air terlalu sering. Foto ilustrasi: iStock Kopi jadi salah satu alasan buang air terlalu sering. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Buang air besar memang menjadi kegiatan yang biasa dilakukan setiap orang. Mungkin kegiatan ini menjadi rutinitas yang tidak pernah terlewat. Tetapi, apa kamu pernah mengalami buang air besar yang terlalu sering?

Biasanya hal ini dikaitkan dengan konsumsi kopi di pagi hari ataupun terlalu banyak dalam sehari. Salah satu ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts, dr Kyle Staller, MD, mengatakan mungkin penyebab yang paling umum karena intoleransi diet.

"Mungkin salah satu hal yang paling umum adalah memakan sesuatu yang tidak cocok pada tubuhmu," kata dr Staller.

Dikutip dari Women'shealth, beberapa alasan ini mungkin bisa jadi penyebabnya dari terlalu sering buang air besar.


1. Mengalami infeksi

Infeksi virus dan bakteri dapat menyebabkan buang air besar dan diare yang berlebihan. Tetapi, dr Staller mengatakan, jika feses yang dikeluarkan disertai dengan darah dan mengalami demam, segera ke dokter untuk lakukan pemeriksaan.

2. Rutinitas olahraga meningkat

Olahraga dapat meningkatkan kontraksi otot pada usus besar, sehingga akan bekerja dua kali lebih cepat daripada biasanya. Hal ini dapat menyebabkan seseorang dapat buang air besar lebih sering. Namun, para dokter menyarankan seseorang untuk berolahraga lebih banyak saat mengalami sembelit.

3. Mengalami Irritable bowel syndrome (IBS)

Menurut dr Staller, Irritable bowel syndrome (IBS) biasanya terjadi pada wanita muda. Kondisi ini merupakan gangguan usus yang menyebabkan rasa sakit di perut, mengeluarkan banyak gas, kram, dan terlalu sering buang air besar.

"Tanda-tanda orang mengalami gangguan ini biasanya akan merasakan sakit perut dan kram bersamaan dengan sembelit ataupun diare. Segera periksakan ke dokter jika terjadi pada dirimu," kata dr Staller.

4. Stres

Bagi orang yang memiliki gangguan IBS, stres dapat menjadi pemicunya. dr Staller mengatakan, saat seseorang stres, pasti akan buang air besar lebih sering dari biasanya.

5. Terlalu banyak minum kopi

Kandungan dalam kopi bertindak sebagai pro-motilitas, karena kafein dapat merangsang otot di usus hingga membuatnya harus bolak balik kamar mandi. Semakin banyak kafein yang diminum, maka efeknya pada perut juga akan semakin terasa.

Kamu akan buang air besar lebih sering dari yang biasanya. Untuk mengatasinya, coba kurangi jumlah kopi yang biasa kamu konsumsi tiap harinya.

6. mengkonsumsi obat-obatan

Beberapa obat, seperti antibiotik tertentu dapat mempengaruhi kinerja saluran pencernaan. Saat mengkonsumsinya, kamu akan buang air besar terlalu sering. Tapi, ini akan kembali semula setelah menghentikan konsumsi antibiotik tersebut. Untuk menghindarinya, saat berobat segera konsultasikan efek samping yang muncul saat meminum obat, agar dokter bisa mengurangi dosis ataupun menggantikannya dengan obat yang berbeda.


Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)