Kamis, 24 Okt 2019 19:15 WIB

Ini Waktu yang Tepat untuk Mandi Sebelum Tidur Agar Nyenyak

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Waktu mandi yang tepat agar dapat tidur dengan nyenyak. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Beberapa orang ada yang mampu tertidur dengan cepat, tanpa perlu mengalami kesulitan. Namun yang lainnya ada juga yang merasakan sulitnya tidur dengan nyenyak atau bahkan hingga mengalami insomnia.

Daripada berguling-guling untuk bisa tidur, cobalah untuk mandi air hangat sebelum tidur. Mandi sebelum tidur banyak direkomendasikan para ahli karena bisa merilekskan pikiran, menurunkan temperatur tubuh yang nantinya akan membuat tidurmu lebih nyenyak.

Dikutip dari Times of India, efek ini rupanya ditentukan oleh kapan waktu kamu mandi. Menurut sebuah studi, waktu yang tepat untuk mandi sebelum tidur adalah 1 hingga 2 jam sebelum waktu tidur, yang akan membuatmu tertidur lebih nyenyak.

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Shahab Haghayegh, calon doktor di departemen teknik biomedis di University of Texas ini mengevaluasi kaitan antara waktu mandi, temperatur air, dan kualitas tidur. Mereka juga meninjau sekitar 5.322 studi dan menggunakan beberapa metodologi sebelum mencapai kesimpulan mereka.

"Pada akhirnya, ditemukan bahwa mandi idealnya dilakukan satu hingga dua jam sebelum tidur dengan suhu air panas 40 - 43 derajat akan meningkatkan kualitas tidur. Dengan ini bisa membuatmu cepat tertidur 10 menit lebih cepat daripada biasanya," tulis studi tersebut.

Mandi bukan hanya salah satu cara untuk bisa tertidur nyenyak dengan cepat. Ada beberapa cara lain seperti jangan minum kopi terlalu malam, coba tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Kemudian jangan makan terlalu malam, pilih kasur dan bantal yang nyaman, dan jangan tidur siang terlalu lama.


Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)