Sabtu, 26 Okt 2019 09:12 WIB

Viral Video Pelajar Menulis Terbalik, Tanda Disleksia?

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral. Foto: Tangkapan layar Instagram Viral. Foto: Tangkapan layar Instagram
Jakarta - Di media sosial Instagram viral video yang menunjukkan seorang anak menulis kidal secara terbalik. Netizen heran karena anak tersebut tampak sama sekali tidak kesulitan menulis dari kanan ke kiri.

"Hebat... Nulis Pake Tangan Kiri , Nulis Dengan Kebalik Lembaran Baca Juga Kebalik Luar Biasa," kata pengguna Instagram @zher********leu



Beberapa ada yang menghubungkan kondisi sang anak dengan gangguan disleksia. Menurut dr Kristiantini Dewi, SpA, dari Asosiasi Disleksia Indonesia (ADI), disleksia terjadi karena ada gangguan pada kemampuan bahasa akibat ada perbedaan proses berpikir di otak.

Menurut lembaga nirlaba Understood yang fokus pada anak dengan gangguan belajar, menulis terbalik sebetulnya cukup umum terjadi pada anak-anak terutama di bawah usia 7 tahun. Namun demikian bukan berarti itu tanda disleksia.

"Menulis huruf terbalik atau disebut juga mirror writing belum tentu tanda disleksia. Memang ada anak disleksia yang memiliki masalah dengan hal ini, tapi sebagian besar tidak. Kebanyakan anak yang menulis terbalik sebelum usia 7 tahun tidak punya kondisi disleksia," tulis Understood seperti dikutip pada Jumat (25/10/2019).

"Bila anak di atas usia 7 tahun masih menulis terbalik, kemungkinan ada penyebab yang lain. Seorang anak mungkin memiliki kemampuan memori membentuk kata yang buruk. Bisa juga kemungkinan punya masalah pemrosesan visual. Bila memang ada masalah visual, anak mungkin kesulitan membedakan bagaimana gambar berbeda (diskriminasi visual) atau arah menghadap (arah visual)," lanjutnya.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/wdw)