Sabtu, 26 Okt 2019 16:00 WIB

8 Penyebab Gigi Menjadi Kuning, Mulai dari Merokok Hingga Minum Kopi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Merokok adalah salah satu penyebab gigi bisa menguning. Foto: thinkstock Merokok adalah salah satu penyebab gigi bisa menguning. Foto: thinkstock
Jakarta - Meski tidak membahayakan, gigi yang menguning akan membuat kita tak percaya diri atau malu. Banyak iklan pemutih gigi yang menunjukkan bahwa gigi yang sehat adalah gigi yang berwarna putih, namun jangan menghalalkan segala cara untuk membuatnya putih.

Bagaimana cara mencegahnya? Menyikat gigi secara rutin dua kali sehari, membersihkan gigi secara profesional seperti scaling. Beberapa juga menjalani treatment pemutihan gigi yang aman dan juga veneer.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada 8 penyebab gigi menjadi menguning, sebagai berikut:



1. Genetik

Terkadang warna gigi menurun dalam keluarga. Jika salah satu orang tuamu memiliki gigi kuning, maka kemungkinan besar warna gigimu akan mengikuti pola warna yang sama.

2. Dentin

Gigi terlihat berwarna kuning apabila enamelnya tipis dan dentin di bawahnya terlihat. Dentin adalah material berwarna kuning gelap di dalam gigi, di bawah enamel. Enamel yang tebal akan menutupi dentin, tapi ingat bahwa tak pasti menutup bercak yang terkumpul di permukaan, yang menjadi penyebab warna kuning lainnya.

3. Usia

Gigi pasti akan berubah warna menjadi kuning seiring bertambahnya usia, karena enamel menipis dari mengunyah dan paparan asam dari makanan dan minuman. Beberapa mengalami warna abu-abu saat tercampur dengan noda makanan yang permanen.

4. Merokok

Nikotin dari kebiasaan merokok tak hanya menyebabkan kecanduan yang berbahaya, merokok juga menyebabkan permukaan gigi menguning atau menjadi cokelat. Satu alasan lagi untuk berhenti merokok, nih!


5. Makanan

Sejumlah makanan menyebabkan dan meninggalkan noda di gigi. Misalnya saus tomat, bumbu kare, dan buah beri mengandung pigmen yang menempel pada enamel gigi dan menodai permukaannya.

6. Minuman

Kopi dan teh adalah dua minuman yang sedang naik daun, dan justru menjadi dua minuman teratas penyebab warna kuning di gigi. Yang lainnya adalah minuman ringan soda dan minuman olahraga dengan perasa buatan.

7. Kecelakaan

Dampak trauma fisik atau kecelakaan dapat menyebabkan keretakan di enamel gigi dan merusak interiot gigi, dan menyebabkan hilangnya warna yang bisa mengindikasikan pendarahan yang membutuhkan penanganan medis.

8. Menggeretakkan gigi

Menggeratakkan gigi adalah kebiasaan tanpa sadar yang dilakukan saat seseorang merasa stres, termasuk saat tertidur. Atau disebut bruxism, cukup berbahaya bagi enamel gigi, membuatnya lemah hingga merusakkannya dan menyebabkan kuning.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/wdw)