Minggu, 27 Okt 2019 06:00 WIB

Sering Sakit Perut Sebelah Kanan? Waspadai 11 Penyebabnya

Virgina Maulita Putri - detikHealth
Sering Sakit Perut Sebelah Kanan? Waspadai 11 Penyebabnya Foto: thinkstock Sering Sakit Perut Sebelah Kanan? Waspadai 11 Penyebabnya Foto: thinkstock
Jakarta - Perut merupakan bagian tubuh yang ditempati organ-organ penting untuk pencernaan. Bagian perut sebelah kanan misalnya merupakan tempat sebagian usus dan, untuk perempuan, ovarium sebelah kanan.

Beberapa kondisi bisa menyebabkan rasa sakit atau tidak nyaman di bagian perut sebelah kanan. Beberapa dari rasa sakit ini bisa menjadi parah dan memerlukan tindakan medis dengan segera, sehingga penting untuk mengetahui penyebab dan perbedaannya.



Berikut adalah 11 penyebab rasa sakit perut sebelah kanan yang dirangkum detikHealth dari Healthline:

1. Usus Buntu

Penyakit usus buntu merupakan salah satu penyebab sakit perut sebelah kanan bawah yang paling umum ditemukan. Penyakit usus buntu sendiri terjadi ketika usus buntu meradang.

Beberapa gejala usus buntu antara lain mual, muntah, demam, diare, konstipasi dan kehilangan nafsu makan.

2. Gas

Gas dalam usus adalah udara yang ada di saluran pencernaan. Gas ini biasanya disebabkan oleh makanan yang belum hancur sepenuhnya ketika mencapai usus besar.

Semakin banyak makanan yang tidak tercerna, semakin banyak gas yang dihasilkan tubuh kalian. Ketika gas tersebut menumpuk dapat menyebabkan sakit perut, kembung dan rasa tidak nyaman di perut kalian.

3. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan atau dispepsia biasanya muncul ketika kalian baru saja memakan atau meminum sesuatu. Sakit dan nyeri yang disebabkan bisa muncul di perut sebelah kanan bagian atas.

Beberapa gejala gangguan pencernaan antara lain mulas, kembung, mual, sendawa, buang angin dan rasa kenyang yang tidak nyaman.

4. Hernia

Hernia adalah kondisi di mana organ internal keluar dari jaringan atau otot yang menahannya. Ada beberapa jenis hernia tapi sebagian besar biasa ditemukan di perut.

Beberapa gejala hernia yang kerap ditemukan antara lain bengkak di bagian yang sakit, rasa sakit yang terus meningkat, rasa sakit ketika mengangkat sesuatu dan konstipasi.

5. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal disebabkan oleh bakteri yang datang dari kandung kemih, ureter atau uretra. Rasa sakitnya bisa dirasakan di perut sebelah kanan atau kiri di mana ginjal berada, bagian belakang, samping atau selangkangan.

Beberapa gejala infeksi ginjal lainnya adalah demam, mual, muntah, buang air kecil terus-terusan, rasa sakit ketika buang air kecil, darah di urin dan urin yang berbau tidak sedap.

Sering Sakit Perut Sebelah Kanan? Waspadai 11 PenyebabnyaSering Sakit Perut Sebelah Kanan? Waspadai 11 Penyebabnya Foto: Wikimedia


6. Batu Ginjal

Batu ginjal adalah terbentuknya material keras dari mineral dan garam di dalam ginjal. Rasa sakit biasanya baru dirasakan setelah batu ginjal bergerak menuju ureter.

Ketika hal ini terjadi kalian bisa merasakan sakit di bagian belakang, samping kiri dan kanan, di bawah tulang rusuk, bagian bawah perut dan selangkangan.

7. Dysmenorrhea

Dysmenorrhea atau kram menstruasi adalah rasa sakit sebelah kanan bawah yang hanya dialami wanita. Rasa sakit ini bisa muncul sebelum atau saat menstruasi .

Beberapa gejala kram menstruasi antara lain rasa sakit yang konstan tapi tidak menusuk, rasa sakit di punggung bagian bawah, mual dan sakit kepala.

8. Endometriosis

Walau kram biasanya menjadi gejala umum menstruasi, rasa tidak nyaman ini juga bisa disebabkan oleh endometriosis. Endometriosis muncul ketika lapisan yang biasanya tumbuh di dalam rahim terbentuk di luar organ.

Selain kram dan sakit perut sebelah kanan pada wanita, endometriosis juga bisa menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks, buang air terasa sakit saat menstruasi atau berdarah di periode antara menstruasi.



9. Kista Ovarium

Sakit perut sebelah kanan pada wanita juga bisa disebabkan oleh kista ovarium. Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang berada di dalam ovarium.

Kista yang berukuran besar, apalagi yang pecah, bisa menyebabkan gejala seperti rasa sakit di perut bagian bawah, kembung dan rasa tidak nyaman di perut.

10. Sindrom Iritasi Usus

Sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome/IBS) adalah rasa sakit kronis yang menyerang usus besar. IBS bisa menyebabkan kram, kembung, gas, diare, konstipasi, rasa sakit di perut dan buang air besar yang tidak teratur.

11. Hernia Inguinalis

Hernia inguinalis adalah salah satu penyebab sakit perut sebelah kanan yang lebih banyak ditemukan pada pria. Kondisi ini terjadi akibat lemak atau bagian dari usus kecil menembus perut bagian bawah yang lemah.

Jika kondisi ini terjadi kalian akan melihat tonjolan kecil di daerah pangkal paha, antara paha dan perut bagian bawah. Selain itu, kalian juga akan merasa sakit dan tidak nyaman ketika mengejan, mengangkat sesuatu, batuk atau berolahraga. (vmp/erd)