Minggu, 27 Okt 2019 07:00 WIB

Jadi 'Weekend Warrior', Efektifkah untuk Atasi Perut Buncit?

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Ilustrasi perut buncit. (Foto: Istock) Ilustrasi perut buncit. (Foto: Istock)
Jakarta - Kebiasaan olahraga di akhir pekan menjadi pilihan bagi mereka yang bekerja penuh waktu dari Senin sampai Jumat. Tapi efektifkah jadi 'weekend warrior' untuk mengatasi perut buncit?

Menurut ahli gizi dan olahraga Jansen Ongko, olahraga hanya di akhir pekan tak mampu mengecilkan perut buncit seperti semula. Kuncinya adalah olahraga secara teratur.

"Kunci sukses mengecilkan perut buncit adalah dengan aktif bergerak. Jadi, olahraga ketika weekend saja tidak efektif untuk mengecilkan perut buncit. Mulailah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari atau dua hari sekali," ujar Jansen saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/10/2019).


Olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, bersepeda, renang, atau angkat beban, dapat menjadi solusi untuk mengatasi perut buncit jika dilakukan dengan rutin. Aktivitas fisik tersebut membantu tubuh dalam mengendalikan berat badan. Selain itu juga dapat meningkatkan denyut jantung serta menghindari penimbunan lemak pada perut.

Pada orang dengan berat badan dalam batas normal, olahraga berguna untuk mempertahankan atau menambah massa otot, bukan bertujuan untuk menurunkan berat badan.

"Sel otot membakar lemak lebih banyak dibanding sel tubuh lainnya, sehingga jika massa otot tinggi maka tubuh akan membakar kalori lebih banyak, sekaligus menghindari tumpukan lemak pada perut," jelas Jansen.



Simak Video "Barre, Olahraga dengan Perpaduan Balet dan Pilates "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)