Minggu, 27 Okt 2019 16:11 WIB

Perut Buncit Tanda Orang Sukses? Ini Kata Ahli

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi perut buncit yang bukan tanda kesuksesan. Foto: iStock Ilustrasi perut buncit yang bukan tanda kesuksesan. Foto: iStock
Jakarta - Memasuki usia 20-an, banyak orang yang tiba-tiba punya perut buncit dan bergelambir. Makin dewasa, sepertinya banyak yang punya pola makan tidak sehat dan tidak teratur yang menyebabkan perut jadi buncit

Perut buncit sayangnya seringkali dikaitkan dengan kesuksesan. Banyak yang berpikir perut semakin membuncit lantaran orang yang dianggap sukses itu bisa makan apa saja yang mereka suka, tanpa pusing soal uang untuk membayarnya.

"Padahal hal ini sangatlah tidak tepat. Bukannya sukses, timbunan lemak dalam perut sangat berbahaya bagi tubuh. Seseorang disebut memiliki perut buncit jika ukuran lingkar pinggangnya lebih dari 90 cm pada pria dan lebih dari 80 cm pada wanita," kata ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko, kepada detikcom.


Perut yang membuncit timbul oleh karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktivitas fisik. Apabila makan terlalu banyak dan kurang gerak atau berolahraga, penumpukan lemak akan terjadi khususnya di perut.

Jika dibiarkan terus menerus, perut buncit juga akan menimbulkan masalah jangka panjang. Bukan hanya penampilan menjadi tidak menarik, ada sederet masalah kesehatan yang akan diidap saat punya perut buncit.

"Seseorang yang sukses harusnya memikirkan kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan rutin melakukan olahraga, bukannya malah meningkatkan timbunan lemak di perut," pungkas Jansen.



Simak Video "Yuk Jaga Alam Lewat Pola Konsumsi Pangan Kita!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)