Minggu, 27 Okt 2019 16:10 WIB

Bergelambir Bikin Nggak Pede, Ini Cara Enyahkan Perut Buncit

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi perut buncit bergelambir yang bikin nggak pede. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi perut buncit bergelambir yang bikin nggak pede. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Tidak cuma usia paruh baya, banyak milenial yang sudah mulai punya perut bergelambir atau perut buncit. Selain tidak enak dipandang, perut buncit juga bisa bikin tidak pede.

Menurut ahli gizi dan olahraga, Jansen Ongko Msc, RD, lemak viseral adalah lemak yang banyak berperan pada timbulnya perut buncit. Berbeda dengan lemak subkutan yang berada dekat dengan kulit, lemak ini berada di sekitar organ dalam, sehingga sulit untuk dihilangkan.

"Namun demikian, Anda dapat melakukan beberapa cara mengecilkan perut buncit. Lakukanlah kombinasi diet dan rutin olahraga yang ditujukan untuk mengurangi berat badan dan mengurangi lemak tubuh total," ujar Jansen.

Untuk mengecilkan ukuran perut mulailah untuk menjalani hidup sehat dengan mengubah gaya hidup dengan memperbaiki pola makan, pola tidur dan rutin melakukan olahraga untuk menghindari bahaya perut buncit.

Mengecilkan perut buncit memang bukan perkara mudah bagi yang belum terbiasa pola hidup sehat, namun bukan hal mustahil. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:


1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi dan asupan kalorinya

Untuk mengurangi lemak pada perut, Anda dapat memulai dengan membatasi makanan yang mengandung tinggi kalori namun minim gizi seperti makanan cepat saji.

2. Perbanyak aktivitas fisik

Mulai biasakan melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang. Anda juga dapat mengombinasi latihan angkat beban agar penurunan lemak lebih optimal. Tingkatkan intensitas dan durasi secara berkala karena semua hal yang baik membutuhkan proses.

3. Hindari stress berlebih

Stress juga dapat memicu perut buncit. Apabila Anda memiliki masalah, cobalah bermeditasi, lakukan relaksasi, dan berbincanglah dengan orang terdekat. Lakukan apapun aktivitas yang mampu meredam stress yang berlebihan dan berkepanjangan.

4. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan nafsu makan meningkat sehingga memengaruhi pola makan. Banyak penelitian juga menemukan bahwa kurang tidur berpengaruh pada peningkatan berat badan. Rekomendasi tidur sehari-hari untuk orang dewasa yaitu 7-8 jam.

5. Penuhi kebutuhan cairan

Kurang minum dapat menyebabkan nafsu makan sulit untuk dikontrol karena rasa haus seringkali disalahartikan sebagai rasa lapar. Selain itu, kurangi konsumsi minuman beralkohol.



Simak Video "Kenalan Lebih Dekat dengan Fisioterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)