Minggu, 27 Okt 2019 20:32 WIB

Tidur di Jam Ini Dijamin akan Membuatmu Terbangun Lebih Segar

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi tidur yang jika dilakukan di jam yang tepat bisa bangun lebih segar. Foto: Istimewa
Jakarta - Tidur dengan nyenyak di malam hari merupakan 'hadiah besar' apalagi setelah seharian beraktivitas. Sayangnya banyak orang yang sekadar tidur dan tidak mendapat kenikmatan tidur nyenyak.

Tapi, berapa lama sih waktu tidur yang dibutuhkan tiap orang? Beberapa ahli berpendapat tidak ada jawaban pasti untuk berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan tetapi seringkali bergantung pada usia dan genetik.

Ada beberapa orang yang hanya butuh 3-5 jam tetapi ada juga yang memerlukan lebih dari 5 jam agar bisa terbangun dengan segar. Beberapa pakar tidur mengklaim bukan tentang kuantitas waktu tidur tetapi kualitasnya.

Seperti yang diketahui, waktu tidur terbaik adalah pukul 10 malam hingga 6 pagi karena dirasa cocok dengan ritme sirkadian alami tubuh. Matt Walker, kepala Sleep and Neuroimaging Lab di University of California, Berkeley, menyatakan jam 8 malam sampai 12 siang adalah waktu untuk mendapatkan REM (Rapid Eye Movement) agar bisa tidur nyenyak.
"Tidur malam yang baik akan selalu terdiri dari sekitar lima hingga enam siklus tidur lengkap selama 90 menit bagi rata-rata orang dewasa untuk bangun dengan perasaan segar," katanya dikutip dari Medical Daily.

Mayoritas populasi akan memakan waktu sekitar 15 menit sebelum mereka tertidur. Jadi, jika Anda ingin bangun dengan perasaan segar kembali pada jam 7 pagi, akan lebih baik tidur sekitar jam 9:45 malam atau 11:15 malam

Tentu saja, ada cara lain untuk tidur nyenyak. Anda dapat menggunakan kalkulator tidur atau jam alarm siklus tidur. Bahkan ada yang mengambil kuis What Time Should I Go To Bed atau menggunakan berbagai aplikasi untuk mengingatkan mereka tentang waktu terbaik untuk tidur dan bangun.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)