Senin, 28 Okt 2019 09:15 WIB

Anak Tanya Soal Prostitusi, Orang Tua Harus Jawab Apa?

Michelle Natasya - detikHealth
PA finalis ajang kontes kecantikan dan parisiwata ditangkap terkait prostitusi online. (Foto: Istimewa-Polda Jatim) PA finalis ajang kontes kecantikan dan parisiwata ditangkap terkait prostitusi online. (Foto: Istimewa-Polda Jatim)
Jakarta - Setelah sebelumnya ramai kasus VA, Polda Jatim kembali mengungkap kasus prostitusi online. Kali ini, melibatkan perempuan berinisial PA, mantan finalis Putri Pariwisata.

Belakangan kasus prostitusi online semakin marak terjadi. Informasinya pun banyak membanjiri media sosial. Lalu, bagaimana jika anak terpapar informasi tersebut dan bertanya lebih lanjut soal prostitusi?

Menurut psikolog Christina Tedja, M.Psi dari Ciputra Medical Center, dalam menjawab pertanyaan tersebut orang tua harus memahami kondisi anaknya sejauh mana ia mampu menyerap informasi dengan benar.


Tina, sapaan akrabnya, menambahkan jika anak dirasa sudah memiliki kemampuan untuk mengerti lebih jauh atau sudah mendapatkan pendidikan seksual dini di sekolah, ia menyarankan untuk menjelaskan secara detail mengenai hubungan seksual.

"Boleh saja menjelaskan lebih detail misalnya hubungan seksual yang dilakukan oleh pasangan yang belum menikah, biasanya disertai uang. Dalam hal ini orang tua perlu sertakan juga nilai-nilai moral di balik ini," katanya beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Veronica Adesla, psikolog klinis dari Personal Growth, menyarankan orang tua untuk memberikan penjelasan sesederhana mungkin namun tidak menyimpang dari maksud yang sebenarnya. Ia juga mengingatkan untuk tidak lupa menyertai penjelasan dengan pesan yang mudah dipahami oleh anak.

"Nah... tubuh itu tidak boleh untuk diperjualbelikan untuk mendapatkan uang seperti demikian yah, nak. Orang yang boleh melakukan hal tersebut ke kamu hanyalah suami atau istri yang kamu nikahi nanti," lanjut Vero mencontohkan pesan yang dimaksud.



Simak Video "Dari Kacamata Psikolog Soal Pedangdut dan DJ Sering Dicap Negatif"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)