Senin, 28 Okt 2019 14:15 WIB

Mau Tahu Makanan Enak yang Rendah Kolesterol?

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: Kulina Foto: Kulina
Jakarta - Memiliki kadar kolesterol tinggi tentu dapat membahayakan kesehatan karena bisa menyebabkan berbagai penyakit. Gaya hidup tidak sehat, serta pola makan sembarangan adalah pemicu maraknya kolesterol tinggi di kalangan muda, terutama kaum urban.

Untuk itu, agar terhindar dari kolesterol tinggi, sebaiknya konsumsi makanan-makanan yang dianjurkan. Tetapi, jika Anda seorang pekerja yang sibuk dan tak sempat menyiapkan hidangan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari, kini telah hadir paket menu penurun kolesterol tinggi.

Kalbe Nutritionals melalui salah satu produk unggulannya, Nutrive Benecol, bekerja sama dengan Kulina, secara resmi memperkenalkan produk diet dengan menu-menu yang fokus untuk menjaga dan menurunkan kadar kolesterol namun tetap enak. Kulina merupakan platform digital yang bergerak di bidang pesan antar paket makanan harian, atau pun katering.



Melalui kerja sama ini, maka terciptalah paket menu makanan sehat yang dipaketkan dengan produk Nutrive Benecol yang mengandung Plant Stanol Ester (PSE) dan telah teruji klinis dapat menurunkan kadar kolesterol. Terutama, bagi mereka para pekerja yang tidak sempat menyiapkan hidangan sehat di tengah sibuknya bekerja.

"Sebagai pekerja kantoran, saya sering kesulitan buat menemukan makanan sehat yang terjamin rendah kolesterol. Mau masak pun nggak sempat dan nggak ada waktu, apalagi kalau pulang kantor sudah malam, besoknya harus berangkat pagi lagi. Dengan adanya produk Low Cholesterol ini, diharapkan bisa menjadi solusi buat masyarakat yang memang butuh makanan sehat rendah kolesterol," kata Merry Imelda, Head of Public Relations Kulina, dalam keterangan tertulis, Senin (28/10/2019).

Soft launching produk Low Cholesterol Kulina-Kalbe ini telah dilakukan Selasa, (1/10/2019) lalu, melalui event edukasi Cholestalk (digital talkshow terkait kolesterol) di Gedung Kulina di kawasan SCBD, Jakarta. Launching produk ini juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Jantung Nasional yang jatuh pada 29 September lalu.

Adapun produk Low Cholesterol Kulina-Kalbe ini telah resmi hadir di aplikasi dan website Kulina pada 21 Oktober 2019 dan mulai diantarkan pada 4 November 2019.

"Saat ini produknya memang baru tersedia di area Jakarta, namun kami berharap produk ini nantinya bisa menjangkau kota-kota lainnya di Indonesia," tambah Merry.

Selain itu, lanjut Merry, produk ini juga diharapkan mampu membantu masyarakat yang mulai memperhatikan kesehatan dengan konsumsi makanan yang lebih sehat.

Menurut Merry, kerja sama ini terbentuk karena adanya kepedulian kedua pihak terhadap tingginya tingkat pengidap kolesterol tinggi di Indonesia. Menurut data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan RI tahun 2013, 1 dari 3 orang di Indonesia memiliki kadar kolesterol tinggi. Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung dan otak yang dapat berujung pada serangan jantung dan stroke.

Dalam kesempatan itu, dokter spesialis gizi klinik, dr. Amalia Primahastuti menambahkan paket Low Cholesterol [Kulina x Kalbe] hanya menggunakan karbohidrat kompleks dan dimasak dengan minyak yang mengandung lemak tak jenuh.

"Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pun banyak yang termasuk ke dalam kategori superfood, seperti quinoa dan kale. Produk ini pun dirancang berdasarkan kebutuhan kalori dan dilengkapi dengan informasi nilai gizi. Kombinasi menunya pun disesuaikan untuk makan siang dan malam," ujar dr. Amalia.

Untuk hasil yang lebih optimal, lanjut dr. Amalia, penambahan Plant Stanol Ester (PSE) dalam pola konsumsi harian, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 10% dalam waktu dua minggu.

Brand Manager Nutrive Benecol, Dessyana, menambahkan PSE merupakan senyawa dari tumbuhan yang menyerupai kolesterol sehingga mampu menggantikan kolesterol dalam proses penyerapan di usus. Kesamaan bentuk molekul antara Plant Stanol Ester dan kolesterol, menjadikan proses penyerapan kolesterol oleh usus tergantikan.



"Artinya, proses penyerapan kolesterol akan berkurang, karena tergantikan oleh Plant Stanol Ester. Plant Stanol Ester telah teruji di lebih dari 70 uji klinis dengan latar konsumen berbeda mampu menurunkan kolesterol hingga 7-10% jika dikonsumsi rutin selama 2-3 minggu," jelas Dessyana.

Selain produk Low Cholesterol Kulina-Kalbe, Kulina juga menyediakan berbagai makanan sehat untuk kebutuhan diet lainnya. Salah satunya adalah Healthy Lunch, makanan sehat rendah kalori namun tetap lezat disantap setiap hari.

Selain itu, ada pula Keto Lunch, yaitu makanan yang dikhususkan untuk penganut diet keto, dan Salad, yaitu menu salad untuk makan siang setiap hari. Produk-produk tersebut dapat dipesan dengan mudah melalui aplikasi atau website Kulina dan akan diantar tanpa tambahan ongkir.

Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)