Senin, 28 Okt 2019 15:00 WIB

Penyakit Kuning Seperti Anak Kartika Putri Apakah Bisa Dicegah?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kartika Putri. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Kartika Putri. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Baru beberapa hari usai lahir, anak Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya harus dirawat di rumah sakit karena penyakit kuning yang disebabkan kadar bilirubin mencapai angka 17.

"Dari kemarin menguning, terakhir kami bawa ke rumah sakit, kami periksa ke dokter, langsung periksa darah," ujar Habib Usman seperti yang diberitakan detikcom, Minggu (27/10/2019).

Kondisi tersebut memang banyak dialami oleh bayi yang baru lahir, sekitar 50-70 persen dari semua bayi baru lahir. Dikarenakan jumlah sel darah merah yang pecah terlalu banyak dan hati tidak dapat memprosesnya, maka penyakit kuning itu pun muncul.



Kadar bilirubin pada anak yang baru lahir mudah meningkat sehingga tidak ada cara yang jelas untuk mencegahnya. Namun supaya tidak menjadi semakin parah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pada bayi baru lahir dikutip dari berbagai sumber.

- Mulai menyusui sesegera mungkin setelah bati lahir. Studi menunjukkan bahwa hubungan menyusui memiliki risiko lebih kecil anak mengalami penyakit kuning.
- Pastikan bayi mendapatkan nutrisi yang cukup melalui ASI. Biasanya berikan ASI 8 hingga 12 kali dalam sehari agar bayi tidak mengalami dehidrasi.
- Pantau gejala-gejala penyakit kuning setidaknya 5-7 hari pertama kehidupan bayi, seperti kulit dan mata menguning, demam hingga lebih dari 38 derajat Celcius, atau bayi tampak tidak ingin atau terlihat lemas saat menyusu.



Simak Video "Ragam Jasa 'Permak' Mr P Selain Mak Erot"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)