Selasa, 29 Okt 2019 08:35 WIB

Tanda-tanda Berat Badanmu Sudah Mencapai Ideal, Apa Saja?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kenali tanda berat badan yang ideal. (Foto: shutterstock) Kenali tanda berat badan yang ideal. (Foto: shutterstock)
Jakarta - Menyoal diet dan penurunan berat badan rasanya sedang menjadi tren masa kini, bahkan tak jarang yang menghalalkan segara cara untuk mendapatkannya. Namun tentu hal ini tidak baik dan lakukan dengan cara yang tepat dan sehat.

Lalu bagaimana caranya untuk tahu bahwa kita sudah mencapai berat yang ideal? Tidak ada formula yang tepat untuk memberitahunya, namun sehat dan ideal juga bisa terlihat berbeda tiap orang, terutama seiring bertambahnya usia.

Dikutip dari Times of India, biasanya saat kita mencapai berat ideal, kita akan selalu memiliki energi meski tanpa bantuan cangkir-cangkir kopi atau minuman-minuman berenergi. Menurut studi yang dilakukan Penn State College of Medicine yang melibatkan 1300 peserta, orang yang berada dalam berat ideal tidak akan mengalami rasa kantuk di siang hari dibanding mereka yang obesitas.


"Jika kamu merasa sehat dan dekat dengan berat badan idealmu, dan telah mencapai berat badan yang sama dalam jangka waktu lama, berarti tubuhmu telah senang dengan berat tersebut. Berat ideal adalah angka yang bisa kamu tahan tanpa perlu batasan tertentu. Jika kamu memiliki berat yang sehat, beratmu tidak akan menurun atau naik," demikian dilaporkan situs tersebut.

Lalu penentu selanjutnya adalah bagaimana kita bisa memiliki denyut jantung yang sehat. Yang sehat adalah 60-100 denyut jantung per menit, semakin menurun angkanya dalam deretan itu menunjukkan kesehatan fisik yang semakin baik.

Para ahli menyebutkan semakin lebar garis pinggang, semakin pendek garis hidupnya. Jika kamu masih memiliki lemak berlebih di area tengah tubuhmu seperti perut, kamu berada dalam risiko diabetes tip 2, penyakit jantung, dan masalah kronis lainnya.

Ukuran lingkar pinggang yang kurang dari 100 cm bagi pria dan 80 cm bagi wanita adalah titik penunjuk kesehatan dan berat badan ideal. Kemudian yang terakhir, kamu merasa bangga dan bahagia akan bentuk tubuhmu kini, seperti apapun bentuknya dan tentu saja sehat dari dalam.



Simak Video "Tahu Nggak Sih, Makna Diet Sesungguhnya Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)