Selasa, 29 Okt 2019 16:39 WIB

Menahan Lapar Tiap Malam dengan Snack Bar Apakah Sehat?

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Banyak orang menganggap makan larut malam bisa bikin gemuk. Mereka terpaksa menahan lapar demi mendapat tubuh ideal. Biasanya solusi yang paling sering adalah makan camilan atau snack bar. Namun bagaimana risikonya bagi kesehatan jika dilakukan secara terus menerus?

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur lapar tengah malam adalah suatu kebiasaan yang salah. Pada malam hari harusnya semua organ tubuh beristirahat termasuk saluran cerna. Kebiasaan ini terjadi karena pola makan yang salah seperti terlalu banyak karbohidrat, sering begadang, pola tidur dan pola diet yang salah.

"Kebiasaan tersebut tentu tidaklah baik dan tidak sehat bagi tubuh. Selain bisa mengganggu waktu istirahat tentunya hal ini bisa membuat tubuh menjadi rentan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.


dr Muliaman mengatakan stres bisa jadi salah satu penyebab seseorang tidak bisa tidur pada tengah malam. Sehingga organ saluran cerna dan otak bekerja menimbulkan stimulasi lapar dan rasa ingin makan.

"Jika hal ini ditahan terlalu lama tentunya perut jadi kosong dan asam lambung bisa meningkat serta gula darah bisa turun," terangnya.

Karenanya, dr Muliaman menganjurkan untuk tidak ngemil atau makan pada tengah malam. Usahakan dua jam sebelum tidur berhenti mengonsumsi makanan agar dapat beristirahat dengan baik. Supaya tidak berasa lapar pada tengah malam, konsumsi makanan yang tinggi serat saat makan pada pukul 7-8 malam.

"Kalau memang butuh snack, cari snack yang memberikan rasa kenyang yang lama karena memiliki serat tinggi. Contoh makanan snack yang bagus adalah roti dari gandum utuh seperti roti yang berbahan dasar biji gandum atau berisi multigrains lain dari beberapa biji-biji seperti oat, barley jagung, kacang yang biasanya digabungkan dalam satu kombinasi makanan selingan atau snack," jelasnya.


"Tentu ini akan memberikan manfaat seperti serat tinggi dan dapat mengontrol gula darah tidak langsung meningkat tajam ketika di konsumsi. Kombinasi grains ini disebut dengan mutigrains yang terdapat dalam camilan sehat seperti Fitbar dengan kalori terukur yang memberikan kenyang lebih lama, sehingga tidak terbangun lagi tengah malam," tandasnya.

Fitbar merupakan camilan yang enak dan sehat karena bebas kolesterol dan bebas lemak trans.Selain itu, snack bar ini memiliki kalori yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi, terutama bagi mereka yang sedang berdiet. Fitbar terdiri dari tiga varian rasa, yakni Chocolate Fitbar, Fruits Fitbar, dan Nuts Fitbar.

Simak Video "Wabah COVID-19, Status Korea Selatan Naik jadi 'Gawat'"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/akn)