Selasa, 29 Okt 2019 18:05 WIB

Usia Masih Tak Mungkin Kena Stroke? Ah, Siapa Bilang

Michelle Natasya - detikHealth
Usia muda juga berisiko terkena stroke. Foto: Thinkstock
Jakarta - Masih banyak yang menganggap bahwa stroke hanya bisa menyerang lansia. Nyatanya, banyak usia muda yang juga terserang stroke, loh.

dr Mursyid Bustami, SpS(K), KIS, MARS, Direktur Utama RS Pusat Otak Nasional (PON), mengatakan bahwa stroke dapat menyerang semua usia, baik anak-anak sampai usia tua. Dan semakin lanjut usia, semakin tinggi pula risiko terkena stroke.

"Bahkan kita pernah menangani pasien usia 13 tahun. Kalau di usia muda banyak kaitannya dengan kelainan bawaan. Karena kelainan pembuluh darah," kata dokter Mursyid beberapa waktu lalu.


Namun, bukan berarti seseorang tanpa kelainan pembuluh darah bebas dari risiko stroke di usia muda. Penyebab lain bisa karena perubahan lifestyle, tingkat stres yang semakin tinggi, kurangnya olahraga, dan konsumsi makanan seperti fast food yang dapat meningkatkan kolesterol. Ditambah lagi dengan banyaknya anak muda yang kini konsumsi rokok dan alkohol.

Hal senada juga dikatakan oleh dr Adin Nulkhasanah, SpS, MARS, Ketua Yayasan Indonesia Stroke Society. Ia menyebutkan bahwa tren stroke naik karena pola hidup anak muda masa kini semakin tidak sehat.

"Karena lebih sering duduk, senang main gadget daripada keluar. Selain itu tidak terlalu aware akan stroke karena masih muda. Usia produktif juga suka lupa karena pekerjaan," pungkasnya.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)