Selasa, 29 Okt 2019 19:14 WIB

Bintang Kpop Gain 'Brown Eyed Girls' Idap Mysophobia, Kelainan Apa Itu?

Nurul Khotimah - detikHealth
Ga In, mengaku memiliki fobia akan hal yang kotor. Foto: Brown Eyed Girls/Fecebook Ga In, mengaku memiliki fobia akan hal yang kotor. Foto: Brown Eyed Girls/Fecebook
Jakarta - Lama tak terdengar namanya lagi, girls band 'Brown Eyed Girls' akhirnya mengumumkan comeback ke dunia hiburan K-Pop. Grup yang beranggotakan empat orang ini mengabarkan di acara JTBC's Knowing Bros, Senin (28/10/19).

Dalam acara itu mereka tak hanya mengumumkan tentang comeback tetapi sekaligus mengklarifikasi rumor yang beredar mengenai salah satu personilnya. Gain, member yang mengungkapkan bahwa dirinya pernah mengidap Mysophobia.

Ketakutan akan hal yang dianggap kotor merupakan wujud dari Mysophobia. Dikutip dari detikcom, Mysophobia adalah salah satu fobia terhadap bakteri. Rasa takut akan kontaminasi kuman atau bakteri yang berlebihan membuat penderita kadang enggan kontak fisik dengan orang lain, seperti berjabat tangan.


Hal ini terjadi pada Gain yang membuatnya memberi jarak dengan orang sekitarnya termasuk anggota Brown Eyed Girls lainnya. Dikutip dari Koreaboo, meski asrama grup ini hanya memiliki tiga kamar tidur, Gain yang mengidap Mysophobia diizinkan memiliki kamar tidurnya sendiri.

"Saya baik-baik saja sekarang, tetapi saat itu, saya menderita mysophobia yang serius. Saya tidak bisa menggunakan kamar kecil dengan orang lain. Ketika saya mengatakan itu kepada sesama anggota saya, mereka mencoba mengakomodasi dengan memberi saya ruang terpisah," ujar Gain.

Berbeda dengan grup lain yang biasanya anggota termuda membantu yang lebih tua, grup ini justru saling membantu satu sama lain khususnya Gain yang mengidap Mysophobia akut saat itu. Ia mengucapkan terimakasih untuk anggota grupnya yang telah membantunya melewati fobianya.



Simak Video "Tanya Jawab dengan Psikolog soal Tekanan Sosial dan Bunuh Diri "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)