Selasa, 29 Okt 2019 21:00 WIB

Apa Akibatnya Jika Terlalu Banyak Makan Sebelum Tidur?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Apa akibatnya kalau terlalu banyak makan sebelum tidur? Foto: Thinkstock Apa akibatnya kalau terlalu banyak makan sebelum tidur? Foto: Thinkstock
Jakarta - Entah itu undangan makan bersama teman atau masakan ibu yang enak, terkadang kita kalap makan sampai kekenyangan. Terlalu banyak makan di malam hari bisa mengganggu tidur, lingkar pinggang hingga kadar gula darah.

Dikutip dari Live Strong, hindari mengonsumsi makanan terlalu banyak untuk mengurangi asupan kalorimu dalam sehari, namun tidak melewatkan makan dan pilih makanan yang sehat jika kamu lapar di malam hari. Berikut akibat yang bisa terjadi jika terlalu banyak makan sebelum tidur:



1. Tidur terganggu

Makanan berat atau cemilan berlemak seperti gorenngan sebelum tidur bisa menyebabkan rasa tak nyaman di perut dan menyulitkan pencernaanmu. Akibatnya tidurmu bisa terganggu dan bahkan membuatmu terbangun beberapa kali. Jika kamu makan terlalu banyak sebelum tidur, bisa jadi kamu juga meminum banyak cairan, yang akan membuatmu bolak-balik terbangun dan ke toilet untuk kencing. Agar tak mengganggu tidur, hindari makan makanan atau cemilan yang banyak atau minum dua jam sebelum waktu tidurmu.

2. Mulas

Jika kamu mengonsumsi makanan tertentu sebelum tidur, kamu bisa mengalami mulas atau heartburn, atau refluks asam. Gejalanya adalah rasa terbakar di dada dan asam lambung naik kembali ke tenggorokan. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan kondisi ini, termasuk makanan tertentu seperti cokelat, buah asam, makanan berlemak dan pedas. Untuk menghindarinya, berhentilah makan dua hingga tiga jam sebelum waktu tidur.

3. Gula darah tinggi

Mengonsumsi makanan terlalu banyak di malam hari apalagi terlalu banyak karbohidrat tak hanya membuatmu menambah kalori untuk hari itu, namun juga menyebabkan naiknya gula darah di pagi harinya. Dr Maria Collazo-Clavell dari Mayo Clinic merekomendasikan memilih snack sehat seperti baby carrot atau wortel mini rebu dengan madu jika kamu lapar di malam hari.

4. Gemuk

Tentu saja, mengonsumsi makanan terlalu banyak di waktu kapanpun dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas. Meski kamu makan sedikit di siang hari, mengonsumsi makanan tinggi kalori di malam hari akan menambah asupan ekstra kalori harianmu. Misalnya, jika kamu mengonsumsi tambahan 500 kalori seharinya dari berat badan idealmu, kamu bisa naik satu kilogram per minggu. Pilihlah cemilan rendah kalori yang sehat, misalnya yogurt rendah lemak.



Simak Video "Lebih Baik Tidur dengan Lampu Terang atau Temaram?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)