Rabu, 30 Okt 2019 09:00 WIB

Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Pengobatannya

Lusiana Mustinda - detikHealth
Penyebab gusi bengkak. Foto: thinkstock Penyebab gusi bengkak. Foto: thinkstock
Jakarta - Pernah mengalami gusi bengkak? Hal ini bisa membuat kamu merasa sakit ketika makan hingga tidur. Lalu apa sih penyebab gusi bengkak itu?

Gusi bengkak dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan gangguan mulut yang tidak ringan. Jika tidak ditangani dengan baik, pembengkakan bisa mempengaruhi jaringan tulang yang menopang gigi.


Penyebab gusi bengkak bisa disebabkan oleh beberapa hal. Gejala yang ditimbulkan dari gusi bengkak salah satunya adalah munculnya nanah di bawah gusi atau gigi, napas berbau tidak sedap dan rasa tidak nyaman di mulut.

Penyebab gusi bengkak dan sakit ditandai dengan bagian gusi yang mengalami pembesaran dan menonjol dibagian atasnya. Kondisi ini merupakan tanda awal terjadinya bengkak pada gusi.

Dirangkum detikHealth, berikut beberapa penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang:

1. Sisa Makanan

Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik akan tertinggal di sela-sela antara gigi dan gusi. Hal ini dapat menyebabkan kuman dan bakteri masuk dan berkembang. Kalau hal ini terjadi terus menerus, bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi.

2. Hormon

Penyebab gusi bengkak saat hamil bisa terjadi karena hormon. Perubahan kadar hormon karena kehamilan merupakan penyabab utamanya dan kondisi ini biasanya hanya bersifat sementara.

3. Iritasi

Makanan, minuman, pasta gigi hingga beberapa produk lainnya bisa menyebabkan reaksi alergi. Reaksi alergi ini menyebabkan gusi merah dan membengkak.

4. Tumpukan Plak dan Karang Gigi

Plak merupakan lapisan lunak yang tidak terlihat dan melekat erat pada permukaan gigi yang dibentuk oleh bakteri pada mulut. Plak menimbulkan gigi kamu berwarna kuning. Sedangkan karang gigi adalah plak yang terkalsifikasi atau mengeras.

Jika plak dan karang gigi tak dibersihkan secara berkala akan menimbulkan peradangan pada gusi.

5. Kurang Vitamin

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi bengkak. Karena vitamin C berfungsi untuk menguatkan jaringan yang ada di dalam gusi.



Bagaimana Cara Mengatasi Gusi Bengkak


Selain menjaga kebersihan mulut dan gigi, berikut ini beberapa hal yang bisa membantu mengatasi penyebab gusi bengkak dan bernanah:


- Kompres gusi dengan es batu untuk mengurangi bengkak.

- Mengganti pasta gigi bisa dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak yang disebabkan oleh gigi sensitif terhadap pasta gigi tertentu. Jika gusi bengkak disebabkan oleh produk obat kumur, segera hentikan penggunaannya.

- Melakukan scalling untuk membersihkan plak gigi.

- Berkumur dengan air garam.


Jika pembengkakan gusi sudah parah, pasien dibutuhkan untuk penanganan lebih lanjut dengan pemberian obat pereda nyeri, antibiotik hingga obat kumur.






Simak Video "Jajal Langsung, Menjadi 19 cm di Klinik Mak Erot yang Legendaris "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)