Rabu, 30 Okt 2019 19:45 WIB

Mitos atau Fakta, Morning Sickness Parah Tanda Hamil Bayi Perempuan?

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta -
Di tengah arus informasi yang deras banyak orang menganggap jika ibu hamil mengalami morning sickness yang parah, artinya ia sedang mengandung jabang bayi perempuan. Masih kata sebagian orang, jika ibu hamil makan banyak maka kelak akan melahirkan bayi laki-laki. Benarkah demikian?

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur secara medis tidak ada tanda khusus atau tampilan fisik kehamilan apakah seseorang mengandung anak perempuan atau laki-laki. Sehingga morning sickness atau makan banyak tidak bisa dikaitkan dengan penentu jenis kelamin.

"Terlepas dari trimester berapa, (morning sickness) ini disebabkan adanya gangguan kesimbangan hormon. Tapi kalau hamilnya terlihat bulat, atau ibu berjerawat, muka kehitaman, muka jadi jelek, rambut rontok, gusi berdarah, ibu lebih lemas dikaitkan dengan jenis kelamin bayi semuanya adalah mitos," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.

dr Muliaman mengatakan untuk menentukan jenis kelamin itu harus dilakukan dengan teknologi ultrasonography (USG) yakni suatu alat gelombang suara yang berfrekuensi tinggi dalam memproduksi gambar tubuh bagian dalam, seperti organ tubuh atau jaringan lunak.

"Itu pun beberapa dokter akan susah dan belum berani memastikan jenis kelamin wanita atau laki-laki pada awal kehamilan. Jadi harus diulang lagi pada kehamilan yang lebih besar untuk memastikan kelamin janin perempuan atau laki-laki ini, sehingga dari segi medis hanya USG yang kemungkinan bisa memastikan ini," terangnya.

Terlepas dari banyaknya persepsi hal tersebut ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan perlu asupan nutrisi penting untuk bekal Ibu saat kehamilan nanti. Pasalnya ketika ibu mengalami morning sickness dan kehilangan nafsu makan, Ibu tidak perlu khawatir karena sudah memiliki bekal nutrisi penting sejak masa persiapan kehamilan.

Maka dari itu saat persiapan kehamilan imbangi dengan konsumsi Prenagen Esensis susu kandungan nutrisinya yang beragam dan pas untuk kesehatan sang calon ibu. Susu persiapan hamil ini memiliki tiga kandungan paling penting, yaitu zinc, zat besi, dan asam folat. Dari kandungan tersebut khususnya asam folat sudah jadi bukti bahwa susu ini dikhususkan sebagai susu persiapan kehamilan.




Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)