Kamis, 31 Okt 2019 05:01 WIB

Terbangun dengan Mata Sakit? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bangun tidur dengan mata perih (Foto: iStock) Bangun tidur dengan mata perih (Foto: iStock)
Jakarta - Hampir semua orang pernah mengalami sakit mata, lalu bagaimana bila rasa sakit mata ini muncul saat bangun tidur? Beberapa penyebabnya bisa baik dengan sendirinya, namun juga bisa menjadi tanda suatu penyakit serius.

Mata sakit memang cukup mengganggu, namun cara mengatasinya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Dirangkum dari berbagai sumber, ada 5 penyebab dan cara mengatasinya:



1. Blepharitis

Peradangan pada kelopak mata yang umumnya tidak terlalu menyakitkan dan masiih bisa ditangani. Pada umumnya blepharitis bisa sembuh dengan sendirinya, kamu bisa menanganinya dengan mengompres bagian kelopak mata yang meradang.

2. Conjunctivitis (mata merah)

Mata merah adalah kondisi di mana terjadi inflamasi pada conjunctiva, bisa jadi karena alergi atau infeksi (virus atau bakteri) yang menyebabkan pembuluh darah di conjuctiva atau bola mata membengkak, inilah yang menjadikannya terlihat berwarna merah. Terkadang disertai rasa gatal, namun tidak terlalu nyeri. Pada umumnya bisa ditangani dengan antihistamin dalam bentuk tetes mata atau tetes mata antibakteri untuk conjunctivitis bakteri.

3. Abrasi kornea

Adanya luka di bagian kornea mata, meski terdengar tidak sakit namun justru kondisi bisa sangat menyakitkan. Biasanya tak terasa saat menggaruk mata saat kita sedang menggosok mata. Biasanya akan membaik dengan sendirinya selama beberapa hari atau gunakan tetes air mata buatan.

4. Infeksi kornea (keratitis)

Kornea yang mengalami peradangan yang kadang disebabkan oleh bakteri atau infeksi virus. Biasanya terjadi karena terlalu lama mengenakan lensa kontak atau lensa kontak yang kotor. Untuk mengatasinya, diperlukan obat tetes mata antiviral atau antibakteri.

5. Benda asing

Masuknya benda asing atau biasa kita sebut dengan kelilipan, misalnya sedikit kotoran, debu, atau bulu mata bisa mengiritasi mata. Bersihkan dengan air atau tetes air mata buatan. Karena jika tidak segera mengeluarkannya, bisa melukai matamu.



Simak Video "Tips Atasi Mata Minus dan Silinder pada Anak Balita"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)