Kamis, 31 Okt 2019 05:30 WIB

Menkes Tantang RS Kanker Dharmais Datangkan Pasien Internasional

Nurul Khotimah, Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
RS Kanker Dharmais ditantang datangkan pasien internasional (Foto: thinkstock) RS Kanker Dharmais ditantang datangkan pasien internasional (Foto: thinkstock)
Jakarta - Rayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-26, RS Kanker Dharmais pasang target menjadi rumah sakit berkelas internasional. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan tantangan terkait cita-cita ambisius ini.

"Jadi bukan hanya mengembangkan, tapi bisa gak mendatangkan pasien dari luar? Barulah itu disebut rumah sakit internasional," kata Menkes Terawan, Rabu (30/10/2019).

Keuntungan jika mampu mendatangkan pasien dari luar negeri, menurut Menkes adalah menambah pemasukan. Dengan demikian, RS Kanker Dharmais tidak bergantung hanya kepada pasien BPJS Kesehatan.



Tak kalah penting, inovasi juga harus terus dilakukan agar mampu bersaing. Menurutnya, penanganan pasien kanker bukan hal yang mudah.

"Bukan soal yang datang adalah pasien stadium 3 atau 4, tapi bagaimana yang datang adalah stadium 4, grounded jadi stadium 2 atau 1. Caranya, yo, inovasi, bisa immunotherapy dan sebagainya supaya bisa menurunkan stadium kanker. Kalau bisa fokus 1 kanker saja. Spesifik terus," paparnya.



Simak Video "Kemesraan Menkes Terawan dengan IDI Bicara Soal JKN"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)