Kamis, 31 Okt 2019 09:13 WIB

Dirawat Karena Stroke, Warna Urine Wanita Ini Berubah Jadi Ungu

Firdaus Anwar - detikHealth
Urine sang wanita memiliki warna ungu karena reaksi bakteri. (Foto: New England Journal of Medicine) Urine sang wanita memiliki warna ungu karena reaksi bakteri. (Foto: New England Journal of Medicine)
Jakarta - Purple Urinary Bag Syndrom (PUBS) adalah kondisi langka yang bisa terjadi ketika bakteri di dalam perut bereaksi dengan zat kimia dari makanan atau obat tertentu. Pasien yang mengalaminya dapat melihat warna urine mereka berubah menjadi ungu.

Hal ini belakangan dilaporkan terjadi pada seorang wanita di Paris, Perancis. Menurut para dokter di Rumah Sakit Bicetre sang wanita diketahui awalnya dirawat karena mengalami stroke.


"Seorang wanita berusia 70 tahun dipasangkan kateter urine selama perawatan stroke akut. Sepuluh hari kemudian, warna urinenya berubah ungu," tulis dokter dalam jurnal The New England Journal of Medicine (NEJM) dan dikutip Kamis (31/10/2019).

Saat warna urine pasien berubah ungu, dokter mencoba melakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel dan melihat tanda-tanda bakteri mencurigakan. Hasilnya ditemukan ada bakteri Klebsiella pneumoniae yang sebetulnya normal ada di perut tapi bisa menyebar ke bagian tubuh lain menyebabkan infeksi.

Bakteri Klebsiella ini kemudian bereaksi dengan zat indoxyl sulfat dari sisa metabolisme makanan yang pasien konsumsi. Ada dua senyawa baru terbentuk, satu berwarna merah dan satu berwarna biru, ketika tercampur keduanya menghasilkan warna ungu.

Pada kasus pasien dalam jurnal warna ungu urinenya bukan masalah serius karena kembali normal setelah mendapat infus intravena. Pada akhirnya pasien dipindahkan ke fasilitas rawat jangka panjang untuk mengatasi dampak sisa stroke.



Simak Video "Cerita Penulis Vabyo Kena Stroke di Usia 35 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)