Jumat, 01 Nov 2019 07:40 WIB

Kenapa Harus BAB di Pagi Hari? Ini Alasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ada alasan kenapa disarankan BAB di pagi hari. (Foto: thinkstock) Ada alasan kenapa disarankan BAB di pagi hari. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Pagi hari disebut sebagai waktu yang paling ideal untuk buang air besar (BAB). Hal ini diperkuat oleh penelitian yang mengemukakan alasan di baliknya. Menurut ahli pencernaan, dr Sarina Pasricha, BAB di pagi hari merupakan waktu yang tepat dan bagus untuk tubuh.

"Saat pagi hari, ketika kita pertama kali bangun, jam alarm internal berbunyi di usus kita, dan usus besar mulai berkontraksi lebih kuat. Faktanya, usus besar berkontraksi dan meremas tiga kali lebih keras pada jam pertama kita bangun dibandingkan ketika kita sedang tidur," jelas dr Pasricha.


Dikutip dari Fatherly, saat orang tidur, usus kecil dan besar bekerja untuk memproses semua sisa makanan dari hari sebelumnya. Kotoran yang terbentuk dari sisa makanan itu paling bagus dikeluarkan saat pagi hari. Kegiatan BAB ini biasanya dilakukan sekitar 30 menit setelah bangun tidur dan melewati berbagai kegiatan rutin lainnya.

"Biasanya BAB dilakukan setelah melakukan berbagai kegiatan pagi, seperti minum kopi, peregangan, dan minum air. Minum kopi di pagi hari dapat menciptakan pergerakan usus yang sehat dan membantu mengeluarkan kotoran yang tersimpan sejak malam," ujarnya.

"Selain itu, kualitas tidur juga bisa menentukannya. Jika seseorang tidur dengan nyenyak, itu juga akan mempengaruhi kegiatan buang air besar setiap harinya," imbuhnya.

Meskipun begitu, tidak semua orang bisa buang air besar rutin tiap paginya. BAB dengan intensitas waktu seminggu tiga kali ataupun sehari tiga kali, masih dianggap normal. dr Pasricha menambahkan, keadaan tersebut masih dalam tahap wajar dan tidak menimbulkan masalah kesehatan apapun.



Simak Video "Cerita Mereka yang Pernah 'Menderita' Menahan BAB"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)