Minggu, 03 Nov 2019 17:10 WIB

Masih Penasaran Minuman Paling Sehat? Ini Kata Dokter tentang Susu Skim

mi - detikHealth
Menjaga hidrasi penting agar tidak mudah jatuh sakit (Foto: iStock) Menjaga hidrasi penting agar tidak mudah jatuh sakit (Foto: iStock)
Jakarta - Beberapa waktu lalu ramai dibahas soal susu skim yang disebut-sebut lebih baik dari air putih. Pada banyak pemberitaan dikatakan bahwa susu skim ternyata lebih mampu menghidrasi tubuh ketimbang air putih karena kandungan lemaknya yang rendah, protein, laktosa gula, dan sodium.

Pemberitaan-pemberitaan ini berdasar pada sebuah penelitian soal peringkat minuman terbaik untuk hidrasi. Penelitian ini sebenarnya bukan penelitian baru dan sudah diterbitkan sejak tahun 2015 dalam jurnal The American Journal of Clinical Nutrition.

Menanggapi pemberitaan ini, Dr dr Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK, Head of Indonesian Hydration Working Group, mengatakan bahwa hal tersebut tidaklah benar. Susu skim tidak lebih baik dari air putih dalam hal menghidrasi.

"Jadi ketika membaca hasil penelitian maka harus merujuk ke penelitiannya. Jadi ini sebenarnya tidak benar," tegasnya.



Dokter Diana menjelaskan bahwa penelitian tersebut hanya melihat berapa lama berbagai jenis minuman bertahan di lambung. Namun, bukan berarti minuman yang paling lama bertahan di lambung merupakan pilihan hidrasi yang paling sehat.

"Jadi susu skim yang mengandung gula dan lemak lebih lama tertahan di lambung sehingga kok kayaknya air ikut tertahan lebih lama. Tapi, bukan berarti ini lebih menghidrasi dari air putih," pungkasnya.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)