Senin, 04 Nov 2019 15:00 WIB

Viral Kelilipan Abu Rokok Saat Bermotor, Kenali Risikonya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Abu rokok yang melayang saat naik motor bersiko bagi kesehatan mata. Foto: Rangga Rahardiansyah Abu rokok yang melayang saat naik motor bersiko bagi kesehatan mata. Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - Sebuah unggahan viral di medsos memperlihatkan pengendara motor yang nyaris adu mulut karena abu rokok. Salah seorang pengendara awalnya merasa kelilipan debu, sebelum mengetahui yang masuk ke mata adalah abu rokok.

"Disini gw kelilipan 2x. Gw kira debu ternyata depan gw bawa motor sambil ngerokok. Daritadi itu motor mau gw salip tapi goyang kanan kiri mulu," kata pengendara motor dalam video yang diunggah akun Twitter @G** W******.


Menanggapi kasus tersebut, dokter spesialis mata dr Florence Meilani Manurung, SpM(K) memperingatkan bahaya abu rokok jika masuk mata. Salah satu efeknya adalah terjadi iritasi.

"Abu rokok jika masuk mata akan menyebabkan iritasi atau mata merah yang mengakibatkan perih dan berair. Abu rokok bahkan bisa mengakibatkan erosi atau luka ringan jika mata sampai dikucek," kata dr Florence dalam pesan pendek yang diterima detikcom.

Risiko lain akibat abu rokok adalah luka bakar pada kornea mata. Kondisi ini terjadi jika abu dari ujung batang rokok terkena langsung ke bola mata hitam (kornea).

Cedera mata akibat abu rokok sebaiknya segera ditangani. Tentunya penanganan harus dilakukan dokter mata yang kompeten dan profesional.



Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)