Senin, 04 Nov 2019 16:38 WIB

Ikut Baper Saat Baca Kisah Viral #LayanganPutus? Ini Saran Psikolog

Michelle Natasya - detikHealth
Kisah viral #layanganputus dianggap mengaduk-aduk emosi pembaca (Foto: Thinkstock) Kisah viral #layanganputus dianggap mengaduk-aduk emosi pembaca (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Tagar #LayanganPutus trending di media sosial. Hashtag ini trending lantaran viral tulisan seorang wanita yang bercerita tentang suaminya yang menikah lagi dengan wanita lain.

Postingan tersebut bercerita tentang seorang wanita dengan 4 orang anak yang ditinggalkan suaminya tiba-tiba tanpa kabar. Tak disangka ternyata suaminya diam-diam poligami dan pergi ke Turki untuk berbulan madu bersama istri barunya. Mengetahui hal tersebut, akhirnya wanita tersebut memutuskan untuk bercerai dari suaminya yang telah dinikahinya selama 8 tahun.

Respons netizen pun beragam. Ada yang jadi merasa takut diselingkuhi, ada yang merasa terdorong untuk jadi mandiri secara finansial, ada yang merasa geram, dan ada juga mengaku jadi memiliki masalah kepercayaan terhadap pasangannya.



Menurut praktisi psikolog, Nuzulia Rahma Tristinarum, menanggapi kisah apapun sebaiknya dilakukan secara bijak. Menurutnya, perlu menggunakan dua aset manusia dalam mengolahnya, yaitu akal dan rasa.

"Baik kisah sedih, kisah motivasi, atau kisah lainnya, sebaiknya disikapi dengan bijak. Sehingga, langkah yang kita ambil dapat tepat dalam menyikapi kisah yang kita baca itu," pesannya kepada detikcom, Senin (4/11/2019).

Dalam wawancara yang berbeda, psikolog Anastasia Satriyo dari klinik Brawijaya Kemang dan Klinik PERHATI Pluit, mengatakan bahwa anda boleh saja berempati. Namun, pastikan anda tidak baper atau bawa perasaan terlalu lama setelah membaca kisah yang mengaduk emosi.

"Kalau abis baca cerita yang mengaduk-ngaduk emosi coba tarik napas teratur, minum teh hangat, lihat tanaman hijau, menulis di jurnal tentang perasaan kita, atau cari teman untuk mengobrol hal lain," pungkasnya.



Simak Video "Viral! ODGJ Bantu Buka Jalan Ambulans di Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)