Selasa, 05 Nov 2019 09:42 WIB

Saran Ahli Agar Tak Gampang Beser Meski Banyak Minum Air Putih

Michelle Natasya - detikHealth
Ilustrasi buang air kecil. Foto: istock Ilustrasi buang air kecil. Foto: istock
Jakarta - Suhu panas masih dirasakan di beberapa wilayah meski sebagian sudah diguyur hujan. Anjuran untuk banyak minum air putih masih menggema demi menjaga hidrasi.

Kesadaran untuk mencukupi kebutuhan cairan guna menjaga cairan tubuh nyatanya masih minim. Salah satu penyebab malas banyak minum adalah beser alias sering buang air kecil.

Menurut dr Diana Sunardi, MGizi, SpGK, Head of Indonesian Hydration Working Group, sebenarnya beser merupakan kebiasaan fisiologis tubuh kita.

"Ada beberapa yang banyak minum jadi beser, namun ada juga yang banyak minum tapi buang air kecilnya ini berkala sudah ada jadwalnya," katanya.


Beberapa waktu laku, Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr. Achmad Yurianto memberikan trik untuk tidak mudah beser meski banyak minum air.

Ia menyarankan orang dewasa untuk konsumsi 2 sampai 3 liter air sehari dalam waktu 24 jam. Minum air putih sebaiknya satu gelas setiap 1 jam untuk mengurangi efek beser.

"Kalau minum langsung banyak 1 liter ya pasti beser. Tapi kalau minum sejam sekali segelas kan enggak," tuturnya.

Menjaga hidrasi tetap terjaga merupakan hal yang penting terlebih saat cuaca panas. Hal ini untuk memastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi karena dapat menyebabkan pusing, hilang konsentrasi, kulit kering, bahkan heat stroke.



Simak Video "Pentingnya Minum Air untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)