Selasa, 05 Nov 2019 14:02 WIB

Aksi Scammer, Dokter Indonesia Diedit Fotonya untuk Penipuan di Malaysia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Foto dr Reno Rudiman diedit fotonya untuk aksi scammer di Malaysia. Foto ditampilkan atas izin yang bersangkutan. (Foto: detikHealth)
Jakarta - Seorang pria asal Malaysia ditangkap karena telah menipu banyak wanita dengan modus mengaku sebagai dokter. Awal kasus ini terungkap ketika akun Facebook Aryana Ren, mengumpulkan informasi yang bermula dari kecurigaannnya tentang pria yang mengaku sebagai dokter di Rumah Sakit Raja Permaisuri Bainun, Ipoh, Malaysia.

Sebagai Aizat Hamdan, ia melakukan penipuan cinta online dengan berpura-pura sebagai spesialis kandungan atau obgyn di rumah sakit tersebut. Memiliki lebih dari 7 ribu pengikut di Facebook, Aizat juga berhasil menipu dengan cara meminjam uang dari korbannya.

Setelah ditelusuri, ternyata pelaku mengedit foto dr Reno Rudiman, spesialis bedah saluran cerna dari RSIA Bunda, Jakarta. Saat dihubungi detikcom, dr Rudiman menyebut tahu soal fotonya yang dipakai sebagai modus penipuan.

"Hari Jumat lalu, ada followers saya yang melapor ke saya mengenai foto-foto saya. Menurut pelapor, teman dia tertipu 9.000 ringgit (sekitar Rp 30 juta-red) oleh scammer ini," katanya kepada detikcom melalui pesan singkat, Selasa (5/11/2019).



dr Rudiman memang aktif memposting kegiatannya di sosial media, khususnya Instagram. Ia tak menyangka fotonya disalahgunakan karena memang dari awal tujuannya adalah untuk edukasi dan motivasi.

"Saya senang bisa memotivasi banyak mahasiswa kedokteran maupun dokter umum untuk mengenal seperti apa pekerjaan sebagai dokter bedah dan Alhamdulillah banyak yang terinspirasi," tambahnya.

Saat ini, kasus tersebut sudah ditangani pihak kepolisian Malaysia. Para korban dan yang dirugikan atas masalah ini juga telah menghubungi dan bekerjasama dengan dr Rudiman untuk menyelesaikan masalah ini.



Simak Video "Dokter yang Kabarkan Virus Corona Wuhan Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)