Selasa, 05 Nov 2019 17:55 WIB

Cacing Pita Bersarang di Otak Pria Ini Selama 15 Tahun Karena Makan Siput

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi siput. Foto: iStock Ilustrasi siput. Foto: iStock
Jakarta - Seorang pria asal Tiongkok menderita infeksi parasit. Saat diperiksa, dokter yang menanganinya terkejut karena menemukan cacing pita sepanjang 12 sentimeter, di dalam otaknya. Diduga, cacing ini telah bersarang selama 15 tahun.

Dikutip dari laman The Sun, ini berawal dari kebiasaan buruknya yang sering mengkonsumsi siput goreng untuk menu makan malamnya. Pria yang bernama belakang Wang ini mengaku menyukai makanan ini sejak 2004 lalu, setelah dikenalkan pertama kali oleh mantan bosnya.

Namun, setahun kemudian, pria berusia 36 tahun ini mulai sering muntah. Pada 2007, kaki dan lengan kirinya mengalami mati rasa, serta kelemahan otot. Ia juga terpaksa harus berhenti dari pekerjaanya karena kondisinya yang semakin memburuk.



Pada 10 tahun berikutnya, ia menghabiskan waktunya untuk keluar masuk rumah sakit, dengan harapan bisa mendapatkan jawaban dari penyakitnya. Sampai pada tahun lalu, dokter menemukan adanya cacing pita setelah dilakukan scan pada otaknya. Tapi mereka mengatakan, akan terlalu berisiko untuk melakukan operasi, karena posisi parasit yang sulit untuk dijangkau.

"Cacing itu terus hidup, akan merangkak terus di dalam otaknya, dan memakannya (otak) sepanjang waktu. Para dokter sebelumnya menyarankan dia untuk menjalani perawatan non-bedah," ujar dr Gu Youming.

Setelah mengalami kejang lagi di bulan September, akhirnya Wang memutuskan untuk pergi ke rumah sakit spesialis di Guangzhou, Provinsi Guangdong. Para dokter di sana mengatakan cacing itu masih hidup, dan memutuskan untuk melakukan operasi hingga 2 jam untuk mengangkatnya. Ia dapat terselamatkan dari parasit tersebut.

Jenis cacing pita yang tersebut adalah Sparganum mansoni. Parasit ini jarang sekali ditemukan pada tubuh manusia. Cacing ini lebih sering dijumpai di dalam usus kucing ataupun anjing.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)