Rabu, 06 Nov 2019 14:24 WIB

Ramai Para Pria Kirim Foto Mr P untuk Diagnosis Online Tanpa Harus ke Dokter

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi penis. Foto: iStock Ilustrasi penis. Foto: iStock
Jakarta - Kesehatan seksual merupakan hal yang harus diperhatikan oleh semua orang. Namun baru-baru ini, sebuah penelitian menemukan ribuan unggahan foto penis para pria ke sebuah situs media sosial, lantaran khawatir soal kesehatan seksualnya.

Dalam sebuah forum di situs Reddit yang memiliki lebih dari 10.000 pengunjung reguler, para pria menyertakan informasi rinci soal riwayat seksual pada foto penis yang mereka unggah. Kontributor 'terpercaya' pun mengomentari kesehatan Mr P para pria tersebut dengan melihat fotonya tanpa kredensial medis yang jelas.

Judul unggahan tersebut bahkan bertuliskan seperti 'Apa yang salah dengan penisku?', 'Apakah dokter kulit itu salah?', dan 'Apakah ini herpes?'.



Para ahli telah memperingatkan bahwa forum-forum tersebut dapat menyebabkan salah diagnosis atau diagnosis tertunda sehingga membahayakan kesehatan seksual para pria itu.

Tim peneliti dari University of California telah menganalisis 16.979 unggahan di forum tersebut sejak 2010 hingga Februari 2019. Para peneliti itu menemukan 58 persen dari semua unggahan foto meminta diagnosis. Dan hampir sepertiganya (31 persen) berisi foto penis dengan gejala tertentu.

"Responden dapat beroperasi dengan informasi terbatas tentang pasien, dan responden mungkin kekurangan pelatihan medis. Misdiagnosis dapat memungkinkan penularan penyakit yang sedang berlangsung, dan orang lain yang melihat pos mungkin salah mendiagnosis sendiri kondisi mereka," tulis peneliti utama, Dr John Ayers dikutip dari DailyMail.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) ini dilakukan karena para peneliti merasa prihatin adanya diagnosis tanpa tenaga medis dapat menunda perawatan jika dibutuhkan. Penundaan pengobatan dapat membuat mereka lebih mungkin menyebarkan infeksi menular seksual pada orang lain.



Simak Video "Tahukah Kamu Laki-laki Juga Punya Masa Subur?"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)