Rabu, 06 Nov 2019 17:07 WIB

Tak Harus Pakai Api, Ini Cara Cek Gas di Septic Tank Agar Tak Meledak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi sedot WC. (Foto: Michelle Natasya/detikHealth) Ilustrasi sedot WC. (Foto: Michelle Natasya/detikHealth)
Topik Hangat Perawatan Septic Tank
Jakarta - Tak pernah ada yang menyangka septic tank akan membawa petaka bagi SI, ahli sedot WC. Pasalnya pada Senin (4/11) lalu, ia menjadi korban ledakan septic tank di daerah Cakung, Jakarta Timur.

Pihak kepolisian menyebut hal ini terjadi ketika korban hendak mengecek gas di septic tank dengan membakar koran, yang memicu ledakan. Meski beberapa mengatakan pengecekan gas dengan metode seperti itu lumrah dilakukan, namun tak semua ahli sedot WC menggunakan cara yang sama.

"Yang di Jakarta itu dia pakai api untuk lihat apa ada gas atau tidak, padahal nggak boleh seperti itu," kata ahli sedot WC asal Makassar, Coi, saat dihubungi deticom, Rabu (6/11/2019).

"Kalau kita biasanya lihatnya pakai senter untuk lihat apa masih ada gasnya, misal sudah habis kah atau mau lihat sudah seberapa penuh," sambungnya.


Ia menyebut tak mau cepat ambil kesimpulan soal penyebab pasti ledakan septic tank terjadi. Sebab menurutnya kejadian seperti ini sangat jarang dan tidak pernah sampai memakan korban.

"Kita sebenarnya nggak tau persis ya kenapa kejadian itu bisa terjadi karena yang punya rumah tidak mau buka suara. Mungkin saja memang ada cerita lain dan kita nggak tahu, yang memicu meledak," tambahnya.

Ahli kesehatan lingkungan, Abie Wiwoho, menyebut ledakan septic tank bisa terjadi jika tidak ada ventilasi udara sehingga gas menumpuk yang membuatnya meledak.

"Meledak itu karena tidak ada ventilasinya, di septic tank ada gas H2S (hidrogen sulfida), gas metan dari protein yang terurai. Ventilasi tersumbat terus orang nyalain rokok ya meledak," pungkas Abie.



Simak Video "Kupas Tuntas Mengapa Septic Tank Bisa Meledak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)
Topik Hangat Perawatan Septic Tank