Kamis, 07 Nov 2019 04:51 WIB

Begini Mengenali Gejala Kanker Payudara dengan Mudah

Sudiarto Putra - detikHealth
Begini Mengenali Gejala Kanker Payudara dengan Mudah/Foto: iStock Begini Mengenali Gejala Kanker Payudara dengan Mudah/Foto: iStock
Jakarta - Kanker payudara merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh wanita di seluruh dunia. Jumlah kasus penyakit tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun. Parahnya lagi, begitu banyak wanita yang kurang menyadari gejala kanker payudara dari awal sehingga terlambat berobat ke dokter saat stadiumnya sudah parah.

Kanker payudara merupakan penyakit yang menyerang jaringan payudara dan sekitarnya. Kebanyakan wanita hanya tahu bahwa kanker payudaya ditandai dengan benjolan di dekat ketiak. Padahal, ada banyak gejala lain yang menandai kemunculan kanker payudara.

Kemunculan gejala biasanya ditandai dengan sebagai berikut:



1. Benjolan di Payudara

Gejala ini adalah gejala awal dari kanker payudara yang paling mudah diketahui. Jaringan payudara membentang luas hingga ke bawah lengan. Maka selain di area payudara, benjolan bisa muncul di sekitar dada atas atau ketiak. Sel kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening yang berada di dekat payudara di bawah lengan ke area sekitarnya.

Benjolan kadang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, namun bisa dirasakan ketika disentuh. Rutin periksa penampilan dan kondisi payudara saat mandi.

2. Perubahan Kulit Payudara

Hal ini dapat menjadi tahap terjadinya kanker. Sel kanker bisa menyerang sel-sel kulit payudara yang sehat dan menyebabkan peradangan sehingga tekstur aslinya berubah.

Sebagian orang masih banyak salah paham pada gejala ini, mereka masih menganggap sebagai infeksi kulit biasa. Berikut penjelasan tentang perubahan kulit payudara yang terjadi akibat kanker seperti di bawah ini:

· Kulit bersisik di sekitar putting, dan seolah-olah kulit terbakar sinar matahari atau kering.

· Kulit terasa menebal di sekitar payudara.

· Kulit payudara menjadi berlesung atau berlubang seperti kulit jeruk, karena adanya penumpukan cariran getah bening di payudara.

3. Putting Mengeluarkan Cairan

Apabila putting mengeluarkan cairan yang tak biasa atau kental, anda perlu waspada, cairan yan keluar biasanya bervariasi dari mulai berwarna bening, kuning, hijau, hingga merah seperti darah.

Cairan ini tidak selalu menandakan terjadinya kanker, tapi tak ada salahnya memeriksa diri saat mengalaminya. Apabila cairan ini keluar bisa jadi terjadi karena masalah kesehatan lain seperti:

· Infeksi Payudara

· Efek Samping Pil KB

· Efek Samping Minum Obat

· Penyakit Tiroid



4. Kelenjar Getah Bening Membengkak

Kelenjar getah bening merupakan kumpulan jaringan sistem kekebalan tubuh yang bertugas melawan mikroorganisme asing, termasuk sel kanker. Apabila sel kanker sampai masuk ke kelenjar getah bening, kelenjar ini akan mengalami pembengkakan. Benjolan KGB pada umumnya cenderung kecil dan padat, namun terasa lunak jika disentuh.

5. Nyeri Pada Payudara atau Putting

Kanker payudara akan menyerang sel-sel kulit sehat yang kemudian menyebabkan payudara nyeri saat ditekan. Rasa sakit muncul seperti sensasi panas terbakar. Rasa sakit juga muncul begitu saja meskipun payudara tidak disentuh atau tertekan.

Kanker payudara sering sekali mengalami rasa sakit. Namun, penting untuk tidak mengabaikan gejala lain yang disebabkan oleh kanker payudara.

6. Payudara Memerah

Salah satu gejala yang tidak boleh diabaikan yaitu timbulnya kemerahan pada kulit. Kanker payudara dapat membuat area payudara mengalami perubahan warna kulit. Biasanya kulit akan Nampak berwana kemerahan, keunguan, atau kebiruan seperti memar.

Apabila payudara tidak mengalami benturan sama sekali tetapi kulit terlihat merah dan memar, segera periksakan diri.

7. Payudara Besar Sebelah

Hal ini juga menjadi pertanda kanker. Sel kanker membuat seluruh bagian payudara membengkak. Ini membuat salah satu sisi payudara yang terkena kanker akan berubah menjadi lebih besar. Normalnya dua sisi ukuran payudara memang besar sebelah, tapi apabila diakibatkan oleh kanker perbedaannya sangat terlihat jelas.

Jika mengalami pembekakan pada payudara tanpa alasan yang jelas, jangan ragu untuk periksa ke dokter.

8. Putting Susu Masuk ke Dalam

Sel kanker bisa menyerang dan mengubah sel di belakang putting. Perubahan ini bisa menyebabkan putting susu terbalik atau seperti menjorok masuk kedalam. Padahal, puting susu normal seharusnya menonjol keluar (https://www.detik.com/tag/gejala-kanker-payudara).

Meski kalian tidak merasakan gejala kanker payudara yang dijelaskan di atas, memeriksa diri secara rutin itu sangat penting. Dengan memeriksa diri, anda akan bisa turun tangan untuk mencegah keparahan penyakit yang akan datang.



Simak Video "Payudara Prostetik untuk Pengidap Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)