Kamis, 07 Nov 2019 13:31 WIB

Supaya Tak Penuh, Seberapa Sering Septic Tank Harus Disedot?

Firdaus Anwar - detikHealth
Sedot WC secara berkala bisa mencegah mampet (Foto: Michelle Natasya/detikHealth) Sedot WC secara berkala bisa mencegah mampet (Foto: Michelle Natasya/detikHealth)
Topik Hangat Perawatan Septic Tank
Jakarta - Kejadian septic tank meledak di Cakung, Jakarta Timur, pada Senin (4/11) lalu menarik perhatian masyarakat. Ternyata masih banyak juga yang belum mengerti tentang penggunaan septic tank dan serba-serbinya.

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul misalnya adalah tentang seberapa sering WC harus disedot untuk mencegah septic tank penuh. Beberapa orang mengaku septic tank rumahnya tak pernah disedot, tapi ada juga yang mengaku beberapa tahun sekali sedot WC

Menurut Peneliti Utama Teknologi Lingkungan Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni Sintawardani, septic tank yang baik sebetulnya tidak perlu disedot. Bila proses penguraian berjalan lancar, jumlah limbah yang masuk seimbang dengan yang keluar maka septic tank seharusnya tidak penuh sampai perlu disedot.

"Dulu rumah saya 25 tahun enggak perlu nyedot. Sama sekali enggak pernah nyedot, terakhir karena rusak. Tapi jika satu volumenya sesuai dengan apa yang masuk dan desainnya tidak satu ruang, jadi minimal dua ruang, itu biasanya aman lebih stabil," kata Neni saat ditemui di daerah Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2019).

Peneliti Utama Teknologi Lingkungan Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni SintawardaniPeneliti Utama Teknologi Lingkungan Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Neni Sintawardani Foto: Firdaus/detikHealth


"Tidak perlu dilakukan penyedotan terlalu sering karena itu akan berjalan mikroba bekerja dengan baik. Mikroba akan memakan yang masuk sampai keluar, lalu masuk lagi yang baru, mikrobanya sebagian mati, sebagian hidup lagi, terus seperti itu tidak perlu penyedotan," lanjutnya.

Apa yang terjadi di beberapa tempat sampai harus rutin sedot WC menurut Neni kemungkinan karena septic tank tidak diterapkan dengan baik. Septic tank hanya dianggap sebagai tempat untuk menampung tinja.

"Bukan septic tank yang diharapkan tetapi tempat pengumpul tinja saja. Jadi tidak terurai baunya bukan main bisa dibayangkan," pungkasnya.



Simak Video "Kupas Tuntas Mengapa Septic Tank Bisa Meledak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
Topik Hangat Perawatan Septic Tank