Kamis, 07 Nov 2019 18:42 WIB

7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Virgina Maulita Putri - detikHealth
7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya Foto: iStock 7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya Foto: iStock
Jakarta - Sirsak, buah dengan kulit berwarna hijau dan daging berwarna putih, dikenal dengan rasanya yang segar dan sedikit asam. Berasal dari Amerika Selatan, buah ini juga terbilang populer di Indonesia.

Tanaman dengan nama latin Annona muricata ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak hanya buahnya, daun sirsak pun banyak dikonsumsi karena segudang manfaatnya untuk kesehatan.



Berikut tujuh manfaat daun sirsak untuk kesehatan, serta cara mengolah dan efek sampingnya yang dirangkum detikHealth:

1. Melawan Kanker

Studi yang dilakukan Faculty of Biotechnology and Biomolecular Sciences, Universiti Putra Malaysia menemukan bahwa ekstrak daun sirsak bisa melawan sel kanker payudara. Bahkan ekstrak daun sirsak bisa mengecilkan tumor, membunuh sel kanker dan meningkatkan aktivitas sistem imun tubuh.

Tapi perlu diingat bahwa temuan ini berdasarkan studi tube-test yang mengamati bagaimana ekstrak daun sirsak dosis tinggi bekerja. Belum ada studi lebih lanjut yang melihat bagaimana daun sirsak bisa mempengaruhi kanker pada manusia.

2. Mengatasi Peradangan

Uji laboratorium yang melibatkan tikus percobaan menemukan bahwa daun sirsak bisa digunakan untuk melawan berbagai jenis peradangan. Daun sirsak yang direbus bisa dioleskan dan memiliki kemampuan anti-rematik dan neuralgik.

Selain itu, rebusan daun sirsak juga bisa menyembuhkan abses dan luka. Ekstrak daun sirsak juga bisa meredakan bentuk peradangan seperti cystitis, rematik, demam, diare, disentri, malaria dan ruam di kulit.

3. Mencegah Insomnia

Teh yang dibuat dari rebusan daun sirsak bermanfaat untuk membuat seseorang cepat tertidur dan mencegah insomnia. Manfaat ini didapatkan dari daun sirsak yang memiliki kemampuan untuk membuat otot menjadi rileks dan menjadi penenang.

7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Foto: iStock


4. Kaya Antioksidan

Manfaat daun sirsak lainnya adalah kandungan antioksidan yang tinggi. Seperti yang diketahui, antioksidan bisa melawan senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas, yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel.

Tidak hanya itu, beberapa penelitian menemukan bahwa antioksidan memiliki peran penting dalam mengurangi risiko seseorang terkena penyakit kronis seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung. Penelitian juga menemukan bahwa ekstrak daun sirsak mengandung senyawa antioksidan seperti luteolin, quercetin dan tangeretin.

5. Menstabilkan Gula Darah

Dalam beberapa penelitian yang melibatkan hewan, daun sirsak terbukti bermanfaat dalam menstabilkan gula darah. Dalam salah satu studi, tikus yang menderita diabetes disuntik dengan ekstrak daun sirsak selama dua minggu.

Tikus yang dirawat dengan daun sirsak memiliki kadar gula darah lima kali lebih rendah dibanding tikus yang tidak menerima ekstrak daun sirsak. Tentu saja dibutuhkan lebih banyak penelitian tentang bagaimana dampak daun sirsak terhadap manusia.



6. Melawan Penyakit Gigi

Daun sirsak diketahui memiliki kemampuan antibakteri dan antijamur. Kemampuan ini membuat daun sirsak bisa mencegah pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans, Streptococcus mitis, Porphyromonas gingivalis, and Candida albicans.

Jenis bakteri ini diketahui bisa menyebabkan berbagai macam penyakit gigi seperti periodontitis dan gingivitis. Di masa depan, daun sirsak juga bisa digunakan untuk melawan kanker mulut dan penyakit gigi kronis lainnya.

7. Melawan Bakteri

Selain melawan bakteri penyebab penyakit gigi, ekstrak daun sirsak juga bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab kolera dan infeksi staph.

Tapi patut diingat bahwa temuan menjanjikan ini dilakukan melalui studi test-tube menggunakan dosis ekstrak daun sirsak yang tinggi. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi kemampuan ini di manusia.

Cara Mengolah Daun Sirsak

Cara terbaik untuk mengolah dan memanfaatkan daun sirsak adalah dengan merebusnya bersama teh. Saat ini sudah banyak dijual teh daun sirsak di pasaran, tapi kamu bisa membuatnya sendiri.

Cara pengolahan teh daun sirsak mudah saja. Gunakan 2-3 lembar daun sirsak kering untuk 1-2 cangkir teh. Masukkan daun sirsak ke air mendidih dan biarkan selama 10 menit. Saring daunnya sebelum disajikan bersama teh.

Efek Samping Mengonsumsi Daun Sirsak

Walau daun sirsak memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, ada beberapa efek samping yang harus kalian perhatikan sebelum mengonsumsinya. Berdasarkan Memorial Sloan Kettering Cancer Center (MSKCC), sebaiknya jangan konsumsi sirsak atau daun sirsak jika kamu:

- Minum obat tekanan darah atau diabetes

- Memiliki penyakit hati atau ginjal

- Memiliki jumlah trombosit yang rendah

- Atau akan menjalani rontgen pencitraan radioaktif lainnya

Selain itu, MSKCC juga tidak menyarankan konsumsi daun sirsak terlalu sering karena bisa meningkatkan toksisitas hati dan ginjal. Konsumsi daun sirsak terlalu sering juga bisa menyebabkan gangguan pergerakan dan masalah saraf seperti myeloneuropathy.

Simak Video "Calon Pengantin, Lakukan Ini Sebelum Nikah untuk Cegah Kanker Serviks"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/up)