Kamis, 07 Nov 2019 18:54 WIB

5 Hal yang Menyehatkan Otak, Salah Satunya Tidur Nyenyak

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Tidur nyenyak bagus untuk otak (Foto: iStock) Tidur nyenyak bagus untuk otak (Foto: iStock)
Jakarta - Jika kamu pernah mendengar ungkapan 'tidur membuat otak awet muda dan sehat', kamu tidak salah mendengarnya. Tidur merupakan salah satu cara alami yang dapat menyehatkan otak dan membuatnya tetap awet muda dan bugar.

Kurang tidur bisa membuatmu sulit mengingat seiring bertambah usia. Selain tidur, ada beberapa cara lainnya untuk membantu menyehatkan otak dan mencegahmu berisiko terkena penyakit degeneratif otak, dikutip dari Live Science:



1. Makanan

Banyak yang menyebutkan bahwa pola makan yang baik dan sehat adalah kunci dari otak yang tetap muda dan sehat. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti apel, pisang, sayuran berdaun hijau, bawang putih, dan wortel.

Antioksidan merupakan molekul yang mudah terikat dan menetralkan elektron dalam tubuh yakni radikal bebas yang bisa berada dalam aliran darah. Radikal bebas apabila menumpuk dalam tubuh seiring bertambahnya usia, bisa membunuh sel-sel otak.

Otak juga terbuat dari lemak sehat, terutama asam lemak omega-3. Agar otak bisa berfungsi optimal dan dapat memperbaiki sendiri, maka mengonsumsi makanan kaya omega-3 sangat tepat, misal dalam ikan dan kacang. Cokelat juga bisa membantu meningkatkan memori dan kognitif otak karena mengandung flavanol, salah satu antioksidan.

2. Mengunyah permen karet

Belum ada yang mengerti apa alasan di baliknya, namun banyak riset yang menyebutkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Salah satunya studi yang dilakukan di Inggris yang menemukan bahwa mereka yang suka mengunyah permen karet memiliki performa yang baik dalam tes baik memori jangka panjang maupun pendek ketimbang yang tidak.

Ada beberapa teori yang dikemukakan para pakar. Bisa jadi mengunyah permen karet bisa memperbaiki sirkulasi dengan meningkatkan denyut jantung atau berdampak pada area otak yang bernama hippocampus yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin untuk mempersiapkan makanan.



Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Catat! Tidur Setelah Sahur Itu Bahaya Lho"
[Gambas:Video 20detik]