Kamis, 07 Nov 2019 19:11 WIB

Anak Bertanya 'Apa Itu Threesome', Bagaimana Cara Bijak Menjelaskannya?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Menghadapi pertanyaan anak, intinya tidak boleh dijawab dengan kebohongan. Cukup disesuaikan saja dengan usia dan tingkat pemahaman. (Foto: thinkstock) Menghadapi pertanyaan anak, intinya tidak boleh dijawab dengan kebohongan. Cukup disesuaikan saja dengan usia dan tingkat pemahaman. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Heboh perilaku threesome yang melibatkan oknum guru di Bali dan siswinya mewarnai pemberitaan hari ini. Banjir informasi yang tak terbendung memungkinkan anak terpapar informasi yang mungkin tidak sesuai dengan umurnya. Bagaimana cara menjawab kalau anak bertanya 'apa itu threesome'?

Dalam sebuah wawancara, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dr Hasto Wardoyo, SpOG, menyarankan agar pertanyaan semacam itu dijawab dengan jelas dan baik oleh orang tua. Tentu disesuaikan dengan usia dan tingkat pemahaman.

"Untuk anak, tentu harus diberikan penjelasan atau jawaban yang jelas dan tidak dipenuhi dengan kebohongan. Yang terpenting, harus sesuai dengan umurnya," jelasnya



Seperti pada anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP), dr Hasto menganjurkan untuk menjelaskannya sedetail mungkin tentang apa itu threesome termasuk risiko dari perilaku seks menyimpang ini.

dr Hasto mengatakan, saat jawaban yang baik dan jelas diberikan, itu membuat anak tidak akan penasaran lagi.

"Memberi jawaban yang baik dan jelas seperti ini mungkin bisa menekan risiko si anak mencari sumber lain untuk menjawab pertanyaannya. Belum tentu kan sumber itu akurat dan bisa dipercaya, misalnya dari teman ataupun internet yang mereka akses," ungkapnya.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)