Jumat, 08 Nov 2019 05:02 WIB

5 Alasan Punggung bagian Bawah Sakit saat Bangun Tidur

Nabila Ulfa Jayanti - detikHealth
Nyeri pinggang kerap menyerang saat bangun tidur (Foto: iStock) Nyeri pinggang kerap menyerang saat bangun tidur (Foto: iStock)
Jakarta - Saat bangun tidur, punggung di bagian bawah bisa terasa sakit. Hal ini dapat muncul karena posisi tidur, matras, atau bantal yang kurang tepat.

Beraktivitas pagi jadi agak terganggu karena punggung bagian bawah seperti 'encok'. Yuk, kenali penyebabnya dan cara menanganinya, dikutip dari MedicalNewsToday.



1. Penyakit Cakram Degeratif
Seiring dengan pertambahan usia, aus pada cakram-cakram di tulang belakang dapat menyebabkan penyempitan kanal tulang belakang yang disebut artritis tulang belakang atau penyakit cakram degeneratif. Akibatnya, seseorang bisa merasakan sakit, kaku, dan berkurangnya mobilitas pada leher atau punggung bagian bawah.

Gunakan ice packs dan heat packs untuk mengatasinya. Bisa juga dengan terapi akupuntur dan terapi fisik lainnya.

2. Fibromyalgia
Penyakit kronis yang membuat punggung terasa sakit dan kaku di pagi hari ini menimbulkan rasa sakit dan lemas di anggota tubuh lainnya. Fibromyalgia turut ditandai dengan rasa lelah, sulit tidur, sulit berkonsentrasi, mati rasa dan kesemutan pada lengan dan kaki, dan sebagainya.

Antisipasi di pagi hari dengan melakukan peregangan sebelum beranjak dari tempat tidur seperti dengan menarik lutut ke arah dada, legakan sirkulasi dan melepaskan otot yang ketarik dengan mandi segera menggunakan air hangat, pastikan suhu kamar tidur nyaman.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ikuti Gerakan Ini Untuk Atasi dan Cegah Nyeri Pinggang"
[Gambas:Video 20detik]