Minggu, 10 Nov 2019 20:02 WIB

Susah Tidur? Trik Ala Militer AS Berikut Bisa Dicoba Agar Nyenyak

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi tidur. Foto: iStock Ilustrasi tidur. Foto: iStock
Jakarta - Malam ini susah tidur menjelang Senin? Ada satu trik ala militer AS yang bisa kamu coba untuk tidur nyenyak, hanya butuh waktu 10 detik saja.

Dikutip dari The Sun, trik ini dipakai oleh para pilot militer AS saat Perang Dunia ke-2. Stres dan kelelahan menumpuk hingga membuat mereka mengambil keputusan yang buruk dan tak bisa dihindari.

Oleh karena itu mereka membuat metode ilmiah untuk tidur dalam kondisi apapun. Kamu tentu saja bisa mencobanya untuk malam ini, seperti ini:



1. Rilekskan wajahmu

Saat kamu berbaring, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah fokus pada wajah, anggap pusat emosimu. Mulai dengan menutup mata dan bernapas secara perlahan dan dalam. Lalu rilekskan seluruh otot di wajah, jangan mengernyitkan atau mengerutkan alis, biarkan semuanya lepas. Hela napas dan rasakan pipi, mulut, lidah, dan rahang menjadi rileks. Kemudian coba fokuskan untuk merilekskan mata.

2. Lemaskan bahu

Langkah selanjutnya adalah lemaskan bahu selemas mungkin, bagaikan mereka sedang mengambang di tubuhmu. Kemudian secara perlahan punggung dan leher juga ikut rileks. Kemudian rilekskan kedua lenganmu, mulai dari sisi yang dominan, dilanjut ke tangan dan jari-jarimu. Ulangi proses yang sama untuk lengan sisi satunya.

3. Lemaskan kaki

Saat tubuh bagian atasmu terasa seperti tersedot ke kasur, kini mulai kita beralih ke bagian bawah. Mulai dari paha kanan, rilekskan hingga ke betis sampai pergelangan kaki. Jangan sampai kaku secara tak sadar, dan kemudian lakukan hal yang sama dengan kaki kiri. Tiap otot di tubuhmu kini, mulai dari wajah hingga ujung jari kaki, seharusnya sudah cukup rileks.

4. Kosongkan pikiran

Langkah terakhir adalah untuk mengosongkan pikiran selama 10 detik. Jangan pikirkan apapun, misal hal bodoh yang terjadi hari ini atau jam berapa kamu harus bangun, karena bisa memicu otot secara tak sadar. Sebagai gantinya, fokuskan pikiran pada satu gambar statis di dalam kepalamu. Misalnya bayangkan kamu sedang berbaring di sofa dengan kamar yang gelap gulita, tahan gambar tersebut selama 10 detik. Jika tak berhasil, coba ulangi dalam pikiranmu kata-kata 'Jangan berpikir' selama 10 detik berulang kali, hingga pikiranmu kosong.



Simak Video "Tips Hilangkan Stres Berkendara Saat Macet "
[Gambas:Video 20detik]
(frp/wdw)