Senin, 11 Nov 2019 10:20 WIB

Kesehatan Ria Irawan Menurun, Ini Sebabnya Pasien Kanker Kondisinya Naik-Turun

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kondisi kesehatan menurun, Ria Irawan jalani pengobatan oral dan kemoterapi. Foto: Pingkan Anggraini Kondisi kesehatan menurun, Ria Irawan jalani pengobatan oral dan kemoterapi. Foto: Pingkan Anggraini
Jakarta - Kondisi kesehatan Ria Irawan dikabarkan kembali menurun. Berawal dari unggahan sang kakak, Dewi Irawan, yang menuliskan keluhan pada keterangan foto tentang orang-orang yang kerap bertanya kabar Ria.

"Kondisi adik saya bisa dibilang masih drop, sekarang Ria lagi menjalani pengobatan oral kemoterapi," jelas Ria kepada detikcom, Senin (11/11/2019).

Mengutip Cancer Research, pasien kanker stadium lanjut biasanya akan sering merasa mual dan muntah. Ini disebabkan karena perawatan dengan kemoterapi atau radiasi.

Pasien kanker memang cenderung mengalami kondisi kesehatan naik-turun, terlebih jika menjalani pengobatan dengan kemoterapi. Efek yang terjadi akibat kemoterapi bersifat sementara dan bisa dihindari jika pengobatan dihentikan

Pasien yang menjalani kemoterapi akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga keadaan yang sebelumnya membaik bisa drop kembali karena penyakit lebih rentan terjadi.

Selain itu, bisa juga karena kanker yang bermetastasis atau penyumbatan usus pada pasien. Beberapa pasien bisa jadi mengalami gejala tersebut tapi tidak berkaitan dengan kanker itu sendiri, misalnya sakit karena infeksi.

Kondisi tubuh yang drop juga bisa jadi gejala tingginya kadar kalsium dalam darah atau hiperkalsemia yang biasa terjadi pada beberapa jenis kanker stadium lanjut.



Simak Video "Kenali Metastasis dan Proteksi Dini Tumor Ganas"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)