Senin, 11 Nov 2019 11:01 WIB

Ria Irawan Jalani Oral Kemoterapi, Ini Bedanya dengan Kemoterapi Lainnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ria Irawan tengah menjalani pengobatan kanker dengan kemoterapi oral. (Foto: Pingkan Anggraini) Ria Irawan tengah menjalani pengobatan kanker dengan kemoterapi oral. (Foto: Pingkan Anggraini)
Jakarta - Setelah sebelumnya dikabarkan membaik, kondisi Ria Irawan saat ini sedang menurun. Hal tersebut disampaikan oleh sang Kakak, Dewi Irawan.

Saat ini, Ria Irawan tengah menjalani pengobatan kanker dengan metode kemoterapi oral. "Kemo oral itu minum obat kemo. Pagi dua kapsul nanti sorenya 3 kapsul," jelas Dewi kepada detikcom.

Ada banyak metode pengobatan kemoterapi bagi pasien kanker. Kemoterapi bisa diberikan dalam banyak cara, beberapa yang umum adalah injeksi, oral, atau infus.

Beberapa pasien kanker lebih memilih kemoterapi oral daripada suntik atau injeksi karena tidak harus sering-sering mengunjungi rumah sakit. Kemoterapi oral memungkinkan pasien menjalani perawatan di rumah mereka.


Mengutip Medical News Today, kemoterapi oral bekerja mirip dengan jenis kemoterapi suntik atau injeksi. Namun kemoterapi oral tidak tersedia untuk semua jenis dan stadium kanker. Bahkan jika tersedia, perawatan itu bisa saja bukan yang terbaik untuk pasien.

Beberapa efek samping yang muncul saat menjalani kemoterapi oral antara lain:

- Rambut rontok
- Perubahan warna kulit
- Mudah memar
- Merasa cepat lelah
- Mual, muntah, atau diare

Kebanyakan orang yang menjalani kemoterapi mengalami efek samping. Orang yang menjalani kemoterapi harus memantau suhu tubuh mereka dan menghubungi dokter jika tanda-tanda penyakit muncul, seperti demam atau gejala mirip flu.



Simak Video "Teknik Meditasi Pernapasan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)