Senin, 11 Nov 2019 11:25 WIB

Makan Selada Mentah, Ada Cacing Parasit Besar Menggeliat di Hati Pria Ini

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi selada. Foto: iStock Ilustrasi selada. Foto: iStock
Jakarta - Dokter menemukan ada cacing parasit yang menggeliat di hati seorang pria berusia 40 tahun. Cacing parasit ini ditemukan setelah pria yang tidak diketahui namanya itu mengalami kelelahan terus-menerus selama tiga bulan.

Dikutip dari DailyMail, pria tersebut baru saja pindah ke Los Angeles dari Meksiko dan bekerja di sebuah ladang pertanian. Ia pun mengaku secara teratur makan selada air mentah.

Petugas medis melakukan tes pada pria tersebut dan menyadari bahwa lidah, mulut, dan bibirnya pucat. Ia juga mengalami anemia berat, di mana sel darah merah yang sehat membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuhnya berkurang. Hasil USG pun mengungkapkan saluran empedu dari hati ke usus mengalami penyumbatan.



Endoskopi pun dilakukan untuk mencari tahu penyebab penyumbatan itu. Ternyata ada cacing parasit besar menggeliat-geliat di hati pria tersebut. Para dokter menduga itu adalah Fasciola hepatica.

Cacing itu menginfeksi inangnya, dalam hal ini tubuh manusia melalui konsumsi ikan air tawar atau selada air yang telah terkontaminasi. Setelah tercerna, cacing itu akan berjalan dari usus ke saluran empedu di hati dan kemungkinan bereproduksi.

Pria itu pun mengalami perdarahan internal yang menyebabkan anemia karena sejumlah telur cacing telah menetas. Ia pun diberi transfusi darah dan triclabendazole, obat khusus untuk membunuh parasit meskipun belum ditemukan jelas berapa banyak cacing parasit di tubuh pria itu.

Dalam sebulan, dokter mengatakan bahwa gejala yang dialami pria tersebut mulai menghilang. Dan kasusnya dilaporkan dalam New England Journal of Medicine.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)