Senin, 11 Nov 2019 14:07 WIB

Ini Lho Jumlah Kadar Gula yang Menjadi Tanda Diabetes

Rosmha Widiyani - detikHealth
Bagi yang bisa cek gula darah sendiri, perhatikan tanda-tanda diabetes. (Foto: Shutterstock) Bagi yang bisa cek gula darah sendiri, perhatikan tanda-tanda diabetes. (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Pemeriksaan atau cek gula darah saat ini sangat mudah ditemui bahkan dilakukan sendiri. Namun mungkin belum banyak yang tahu berapa sebetulnya kadar gula darah dalam tubuh yang bisa mengindikasikan seseorang mengalami diabetes.

Jawabannya menurut ahli endokrinologi dr Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) ada dua angka yang harus diperhatikan yaitu gula darah saat puasa dan saat tidak puasa.

"Ada dua angka kadar gula yang harus diperhatikan saat mendeteksi diabetes. Kadar gula darah saat puasa sebesar 126 mg/dl dan saat tidak puasa yaitu lebih dari 200 mg/dL. Hasilnya sama meski sudah tes dua kali dengan selang waktu dua hari. Selang sehari sebetulnya sudah cukup untuk menentukan apakah seseorang mengalami diabetes," kata dr Dante pada detikcom beberapa waktu lalu.


Diabetes terjadi saat gula tak bisa masuk ke dalam sel sehingga tubuh seperti tak punya energi. Jika menemui kondisi tersebut, dr Dante menyarankan segera konsultasi dan melakukan pemeriksaan ke dokter. Selanjutnya, dokter akan menentukan tindakan medis untuk menangani kondisi tersebut dan mencegah komplikasi.

Kondisi diabetes sebetulnya bisa dicegah, dr Dante kembali mengingatkan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat yaitu rajin makan buah dan sayur, olahraga, dan tidak merokok. Hal lain yang harus diterapkan adalah cek kadar gula rutin satu kali dalam setahun bagi yang tidak punya risiko. Sedangkan bagi yang berisiko, misal ada riwayat dalam keluarga dan menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, pemeriksaan sebaiknya satu kali dalam 6 bulan.

Pemeriksaan rutin memungkinkan deteksi dini sehingga bisa ditangani secepatnya bagi yang mengalami diabetes. Hasilnya pasien tak perlu mengalami komplikasi dan bisa mempertahankan produktivitasnya.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)