Senin, 11 Nov 2019 15:01 WIB

Banyak Makan Tapi Badan Malah Makin Kurus? Waspada Gejala Diabetes

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi diabetes yang diwaspadai dengan munculnya empat gejala. Foto: thinkstock Ilustrasi diabetes yang diwaspadai dengan munculnya empat gejala. Foto: thinkstock
Jakarta - Diabetes adalah kondisi saat gula tidak bisa diserap sel-sel tubuh dengan baik sehingga menimbulkan banyak gangguan. Penyakit ini bersifat menahun atau kronis dengan penanganan yang bersifat jangka panjang.

Menurut dokter ahli endokrinologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) dr Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, biasanya ada empat gejala yang menandai diabetes. Jika gejala tersebut muncul sebaiknya segera memeriksakan diri.

"Gejala diabetes ada banyak kencing, minum, makan terus menerus, dan berat badan yang semakin menurun. Gejala tersebut muncul karena sel-sel di tubuh pasien diabetes tak bisa memanfaatkan gula. Zat gula ini ada di darah dan tak bisa masuk ke dalam sel," kata dr Dante pada detikcom beberapa waktu lalu.


Sesuai mekanisme tubuh, kadar gula yang tinggi dikeluarkan melalui proses osmosis dalam bentuk urine. Semakin tinggi kadar gula maka buang air kecil makin banyak, sehingga tubuh terus merasa haus. Banyak makan dan minum, namun tubuh pasien diabetes justru makin kurus.

Terkait diabetes, dr Dante kembali mengingatkan pentingnya usaha pencegahan dengan pola hidup sehat. Gaya hidup sehat juga harus dilaksanakan mereka yang mengalami diabetes, untuk mencegah terjadinya komplikasi.

"Jangan sampai gawat dan terjadi komplikasi. Karena itu harus bisa dicegah atau ditangani secepatnya," kata dr Dante.



Simak Video "Menu Diet ala Korea Ini Bisa Cegah Diabetes Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)